Benarkah Tank TNI Diturunkan Halau Pemudik? Ini Faktanya

News - Muh Iqbal, CNBC Indonesia
07 May 2021 15:14
Tank Harimau (detikcom/Wisma Putra)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah video menjadi viral ketika tank TNI dikabarkan turun ke jalan. Video itu direkam seorang pria yang menyebut pengerahan tank di perbatasan Bekasi-Bogor untuk menyekat pemudik.
"Penyekatan mudik di perbatasan Bekasi-Bogor. Nggak tanggung-tanggung TNI nurunin tank baja. Yang mau mudik biar dibom," ucap si perekam pada Jumat (7/5/2021).

Menanggapi hal ini, Kodam Jaya menjelaskan informasi yang diucapkan si perekam video tidak benar. Tank turun ke jalan, jelas Kodam Jaya, dalam rangka latihan taktis.

"Pernyataan itu (tank untuk penyekatan pemudik) tidak benar. Dengan telah tersebarnya video yang menyatakan bahwa anggota TNI menurunkan tank guna untuk penyekatan pemudik, itu tidak benar," kata Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS di dalam keterangan tertulis.

Herwin menerangkan tank digunakan Batalion Armed (Yonarmed) 7/105 GS/Biringgalih untuk latihan taktis Rai TW II Tahun Anggaran 2021. "Yang sebenarnya adalah satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih sedang melaksanakan Latihan Taktis Tingkat Rai TW II TA 2021," jelas Herwin.

Berita Selangkapnya >> KLIK DI SINI



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading