Ada Penularan Lokal Covid India di Tangsel, Ini Kata Satgas

News - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
06 May 2021 18:50
Wiku Adisasmito juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Corona memberi Keterangan Pers Juru Bicara terkait Update Data Covid-19 Nasiona. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus mutasi ganda asal India B 1617 telah ditemukan di Indonesia, dan pasien tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Hermina Tangerang Selatan, Banten. Terdeteksinya varian baru ini pun menimbulkan dugaan terjadinya transmisi lokal dari varian B1617.

Menanggapi isu transmisi lokal varian baru ini, Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan. Dia menyebutkan pemerintah sudah berupaya memperketat pengawasan masuknya varian-varian baru di sejumlah pintu masuk Indonesia.

"Untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 saya meminta kepada masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang dilakukan," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (06/05/2021).


Meski demikian Wiku tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai kepastian adakah transmisi lokal yang terjadi. Mutasi virus corona yang terjadi di berbagai negara pun bukan hanya menyebar lebih cepat, tetapi juga dikhawatirkan dapat menurunkan akurasi tes pemeriksaan Covid-19 menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) alias tes swab.

"Ini berpotensi juga menurunkan akurasi testing, karena lokasi-lokasi mutasi atau hotspot yang berbeda-beda pada setiap varian. Sehingga dapat menurunkan akurasi pemeriksaan PCR," kata dia.

Selain itu, mutasi virus Corona juga dapat menurunkan efektifitas vaksin Covid-19 yang ada dalam membendung penyebaran. Kondisi ini dikhawatirkan dapat berpotensi buruk terhadap pengendalian covid-19 di berbagai negara. Seperti meningkatnya laju penularan covid-19 dan memperburuk keadaan pasien Covid-19.

"Menurunkan efektivitas vaksin karena umumnya vaksin dikembangkan dengan jenis-jenis virus spesifik," jelas dia.

Wiku menegaskan saat ini pemerintah tengah fokus terus melakukan metode pencarian strain virus baru dengan Whole Genome Sequencing. Data Kementerian Kesehatan per 4 Mei lalu menyebutkan saat ini Indonesia berhasil melakukan pemeriksaan WGS sebanyak 1.228 kasus.

Dari hasil pemeriksaan itu, kini terpantau sudah ada tujuh varian corona yang berhasil teridentifikasi di Indonesia, yakni varian D614G, B117, N439K, E484K, B1525, B1617, dan B1351.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading