Airlangga: Kurva V, Pemulihan Ekonomi RI Menuju Tren Positif

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
05 May 2021 15:25
Konferensi Pers Perkembangan dan Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional. Foto: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Perekonomian)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto merilis pernyataan resmi merespons rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terkait pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021. Seperti diketahui, berdasarkan data BPS, perekonomian Indonesia tumbuh 0,74%.

"Nah kalau kita lihat berbagai data kita lihat di halaman berikut kita terlihat pemulihan ekonominya terlihat dan confirm bahwa kita pada tren yang menuju positif dan ini adalah kurva V seperti di berbagai negara lain," kata Airlangga dalam taklimat media virtual, Rabu (5/5/2021).

Dari sisi demand side, Airlangga mengatakan ada tanda-tanda positif. Salah satunya dari sisi konsumsi pemerintah yang kian membaik meski masih minus 2,23%.



"Peran pemerintah sangat tinggi di mana tentu konsumsi pemerintah di kuartal I terbukti ini dari apa yang dilakukan pemerintah menghasilkan persentase yang lebih baik 2,96%," ujar Airlangga.


Kemudian dari sisi pembentukan modal tetap bruto (PMTB), terdapat pertumbuhan -0,23% atau lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya.

"Demikian pula ini nanti dari sisi ekspor impor akan dijelaskan menteri perdagangan di mana ekspor kita memang meningkat 6,74%, demikian pula impornya 5,27%. Jadi ekspor dan impor sudah pada tren yang sehat," kata Airlangga.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading