Sri Mulyani Dituding Bikin Tanah Abang Ramai, Begini Jelasnya

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
05 May 2021 15:40
Ilustrasi Pasar Tanah Abang. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi Pasar Tanah Abang. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Membeludaknya pengunjung Pasar Tanah Abang pada akhir pekan kemarin ramai jadi perbincangan di media sosial. Tudingan meluncur ke Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai penyebabnya.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Rahayu Puspasari membantah hal tersebut. Sri Mulyani, menurutnya justru selalu menekankan agar patuh protokol kesehatan saat beraktivitas pada setiap kesempatan.

Salah satu kesempatan terkini Menkeu SMI kembali ingatkan pentingnya patuh protokol kesehatan saat beraktivitas ekonomi adalah pada konpers APBN KiTa edisi April 2021, Kamis (22/4/2021).


"Kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, jadi justru kita harus menjaga (tren penyebaran covid-19 di Indonesia yang terus menurun) dan terjaga terus, namun tidak berarti kita tidak bisa melakukan aktivitas. Tetap melakukan aktivitas, namun dengan protokol kesehatan," jelas perempuan yang kerap disapa Puspa ini dalam akun twitter pribadinya, dikutip Rabu (5/5/2021).

Puspa pun meminta masyarakat untuk mendengar, membaca, dan menyimak informasi secara utuh, sampai akhir agar tidak salah paham.

Menurut Puspa, aktivitas berbelanja juga dapat dijalankan melalui platform online. Sekarang sudah banyak UMKM yg masuk platform online. Mulai dari fashion hingga kebutuhan rumah tangga.

Ke depan tren pasar dalam menggunakan platform online diyakini semakin meningkat.

"Sekali lagi, saya highlight pesan Menkeu SMI, pembeli dan penjual keduanya harus tetap patuh prokes!," cuit Puspa melanjutkan.

"Belanja tetep jalan, protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Belanja lewat platform online, pembatasan jumlah orang dalam satu ruangan, menjaga jarak dan tetap memakai masker," ujarnya.

Sebelumnya, Politikus PKS Mardani Ali Sera dalam akun twitternya mempertanyakan pernyataan pemerintah mengenai ajakan belanja. Anggota DPR itu juga mencantumkan link berita dari pernyataan Sri Mulyani.

"Ajakan belanja oleh pemerintah bisa menimbulkan kerumunan baru di mana-mana. Iya nggak sih?" cuit Mardani seperti dikutip, Rabu (5/5/2021).

Banyak akun lainnya yang turut mengomentari hal tersebut. Di antaranya mengungkapkan ini adalah kesalahan Sri Mulyani, bukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Seperti @Gunawanilyas1 yang mengatakan "Lahh yang nyuru kan Ibu Sri Mulyani Gimana sih....apa yang di kerjakan Anies selalu salah di matamu."

Begitu juga dengan @MehmetMax2. "Yg larang mudik jokowi yg suruh belanja ke mall sri mulyani yg disalahkan krn kerumunan anis. Jebakan luar biasa."


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading