Pemda Usul 500 Proyek Buat Tahun Depan, Dikasih Nggak Nih?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
04 May 2021 12:50
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat Konferensi Pers Perpanjangan dan Perluasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa kepala daerah telah menyampaikan usulan proyek-proyek yang akan dijalankan pada 2022. Jumlahnya cukup banyak yaitu 500 proyek.

"Ada 500 usulan major project dari pemda. Dari jumlah tersebut, 112 atau 22% diakomodir dan 321 atau 64,2% usulan masih perlu pembahasan lebih lanjut," kata Tito dalam paparan di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional, Selasa (4/5/2021).


Selain major project, lanjut Tito, pemerintah daerah juga memberi usulan proyek Prioritas Nasional (PN) yang berjumlah 498 proyek. Dari jumlah tersebut, 134 usulan (27%) sudah diakomodir dan 296 usulan (59,5%) perlu pembahasan lebih lanjut.

Proyek-proyek itu, jika disetujui, akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Untuk major project, fokusnya adalah untuk pembangunan infrastruktur, pertanian, dan kesehatan. Kementerian/Lembaga (K/L) yang akan melaksanakan adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (173 usulan), Kementerian Pertanian (61 usulan), dan Kementerian Kesehatan (51 usulan).

Sementara untuk usulan PN, fokusnya adalah untuk pembangunan infrastruktur, perhubungan, dan pertanian. K/L yang akan melaksanakan adalah Kemen PUPR (202 usulan), Kementerian Perhubungan (66 usulan), dan Kementan (46 usulan).


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading