Sri Mulyani Jadi Biang Kerok Keramaian Tanah Abang, Benarkah?

News - Maikel Jefriando, CNBC Indonesia
03 May 2021 12:20
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2021 (Tangkapan Layar Youtube Bappenas RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang pada akhir pekan kemarin ramai jadi perbincangan di media sosial. Banyak yang menuding Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati adalah biang keroknya.

Politikus PKS Mardani Ali Sera dalam akun twitternya mempertanyakan pernyataan pemerintah mengenai ajakan belanja. Anggota DPR itu juga mencantumkan link berita dari pernyataan Sri Mulyani.

"Ajakan belanja oleh pemerintah bisa menimbulkan kerumunan baru di mana-mana. Iya nggak sih?" cuit Mardani seperti dikutip, Senin (3/5/2021)


Banyak akun lainnya yang turut mengomentari hal tersebut. Di antaranya mengungkapkan ini adalah kesalahan Sri Mulyani, bukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Seperti @Gunawanilyas1 yang mengatakan "Lahh yang nyuru kan Ibu Sri Mulyani Gimana sih....apa yang di kerjakan Anies selalu salah di matamu."

Begitu juga dengan @MehmetMax2. "Yg larang mudik jokowi yg suruh belanja ke mall sri mulyani yg disalahkan krn kerumunan anis. Jebakan luar biasa."

Seperti diketahui, apa yang menjadi perbincangan ternyata ada kekeliruan. Sri Mulyani dalam sebuah konferensi pers pekan lalu menyebutkan bahwa pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan barang baru.

"Ada bagusnya juga Lebaran tetap pakai baju baru, beli baju baru supaya walaupun Zoom nanti pakai baju baru sehingga muncul aktivitas di masyarakat bisa terjadi. Jadi saya harapkan masyarakat tetap menyambut ini dengan gembira, dengan bersyukur namun kita juga menjaga supaya risiko terjadinya penularan tidak terjadi," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyarankan agar belanja dilakukan secara online mengingat pandemi covid belum selesai. Apalagi pemerintah akan menyiapkan program Hari Belanja Nasional (Harbolnas) jelang Lebaran.

"Walaupun tidak ketemu tapi kita masih bisa mengirimkan bingkisan kepada yang Anda sayangi di tempat asal kita dan sekarang dengan berbagai macam teknologi digital itu memungkinkan," ucap Sri Mulyani.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading