Dear PNS Kemenkeu, Kata Bu Sri Mulyani: Jangan Mental Kasir!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
30 April 2021 15:43
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2021 (Tangkapan Layar Youtube Bappenas RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan kepada seluruh pegawainya agar tidak memiliki mental seorang kasir. Ini terutama kepada pimpinan daerah yang berada di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPb).

Menurutnya, DJPb adalah salah satu unit yang penting di Kementerian Keuangan karena berperan langsung mengelola keuangan negara baik yang ada di pusat maupun di daerah.

Oleh karenanya, ia meminta bendahara negara di daerah tidak hanya menerima dan menyalurkan anggaran saja tapi juga harus bisa melihat pemanfaatannya.


"Saya minta kepada seluruh Kantor Wilayah, kepala kantornya tidak hanya sebagai kepala kasir. Jangan hanya memiliki mental kasir penyaluran uang, tapi harus memiliki kerangka berpikir, policy maker untuk mewakili kementerian keuangan di daerah sebagai ekonomis dan juga sebagai policy maker," ujarnya dalam pelantikan eselon II Kemenkeu, Jumat (30/4/2021).

Dalam hal ini, ia meminta agar semua kepala Kantor Wilayah DJPb dalam menjalankan tugasnya bisa bertindak sebagai kepala ekonom. Sehingga anggaran APBN yang disalurkan ke daerahnya benar-benar memberikan manfaat.

"Kakanwil harus memiliki sensitivitas serta kerangka berpikir bahwa uang negara harus menghasilkan manfaat maksimal bagi rakyat dan bagi perekonomian untuk menciptakan kesejahteraan dan penciptaan kesempatan kerja," jelasnya.

Berikut Daftar Pejabat Kemenkeu di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara yang dilantik hari ini:

  • Didyk Choiroel sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  • Noor Faisal Achmad sebagai Direktur Pengelolaan Kas Negara, Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  • Lydia Kurniawati Christyana sebagai Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sumatera Selatan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  • Dedi Sopandi sebagai Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Barat, Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  • Taukhid sebagai Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jawa Timur, Direktorat Jenderal Perbendaharaan

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekonomi RI Bisa 'Ngegas' Tumbuh 6%, Gimana Caranya Bu Menkeu?


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading