Terbang ke Jatim, Jokowi Janji Bangun Rumah Awak KRI Nanggala

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 April 2021 09:25
Keterangan Pers Presiden RI Joko Widodo terkait Gugurnya Prajurit KRI Nanggala-402 dan Kabinda Papua. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan silaturahmi dengan perwakilan keluarga korban dari awak kapal selam KRI Nanggala 402 di Hanggar Lanudal Juanda, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021).

Berbicara di depan perwakilan keluarga korban KRI Nanggala 402, Jokowi berjanji negara akan membangun tempat tinggal bagi keluarga 53 awak yang gugur saat bertugas di KRI Nanggala 402.

"Akan juga dibangunkan rumah yang tempatnya nanti kami mengikuti ibu semuanya. Terserah bisa di Gresik atau Sidoarjo, atau tempat lain," kata Jokowi.


Jokowi mengaku telah menginstruksikan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudi Margono untuk mengatur hal ini.

"Agar sesegera mungkin sehingga bisa segera bisa kita laksanakan," kata Jokowi.

Adapun 53 awak KRI Nanggala 402 yang gugur telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah berupa kenaikan satu pangkat atas pengorbanan dan darma bhakti kepada negara.

Selain itu, putra putri para awak yang gugur juga akan mendapatkan jaminan pendidikan hingga perguruan tinggi. "Tadi saya sampaikan ke Panglima dan KaSal agar pengaturan dan manajemen mekanismenya diatur agar semua rapih," katanya.

Sebagai informasi, sebanyak 53 awak gugur saat bertugas di kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan utara Pulau Bali. Kapal tersebut telah dinyatakan tenggelam pada Sabtu (24/4) dan diumumkan semua awaknya gugur pada Minggu (25/4) oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading