Reshuffle Kabinet Jokowi, Inilah 3 Pejabat yang akan Dilantik

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 April 2021 05:20
Pernyataan Presiden RI Joko Widodo terkait KRI Nanggala-042, Istana Kepresidenan Bogor, 25 April 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Reshuffle alias kocok ulang kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) diproyeksi akan terwujud pada hari ini. Jokowi dilaporkan akan melantik dua menteri dan satu kepala lembaga negara setingkat menteri.

Sumber CNBC Indonesia yang berada di lingkaran Ring-1 telah mengonfirmasi kabar tersebut. Ketiga pejabat yang akan dilantik akan hadir di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Iya, betul [akan ada reshuffle hari ini]," kata sumber tersebut kemarin, seperti dikutip Kamis (28/4/2021).

Sumber tersebut mengatakan reshuffle kabinet tak lepas dari perubahan nomenklatur kementerian, yaitu peleburan Kementerian Riset dan Teknologi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pembentukan Kementerian Investasi.

Sumber ini menyebut menteri yang akan dilantik Jokowi merupakan pejabat lama. Mereka adalah Nadiem Makarim sebagai mendikbudristek dan Bahlil Lahadalia sebagai menteri investasi.

Selain itu, Jokowi juga dipastikan akan melantik Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Posisi Kepala BRIN akan ditempati Laksana Tri Handoko, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).



Sumber tersebut juga memastikan bahwa Bambang Brodjonegoro, yang mulanya menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, memutuskan untuk mengundurkan diri.

"[Beliau] mundur. Mungkin udah tahu mau diganti," katanya.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin menyatakan masih menunggu kabar kepastian reshuffle kabinet. Ngabalin menyebut, sampai Selasa (27/4/2021) pukul 15.00 WIB, belum ada geladi pelantikan menteri baru.

"Sampai sore ini belum ada petunjuk, arahan, persiapan sama sekali. Tetapi kalau ada pelantikan pasti terbuka. Kita tunggu bareng-bareng," kata Ngabalin saat dimintai konfirmasi terpisah, Selasa (27/4/2021).

Ia menyebut DPR sudah menyetujui peleburan Kemendikbud dengan Kementerian Riset dan Teknologi serta pembentukan Kementerian Investasi. Ngabalin berjanji memberi informasi terkini terkait reshuffle dan tak akan menutupinya.


Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading