Di Tengah Isu Reshuffle Kabinet, Nadiem Temui Megawati

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 April 2021 12:30
Nadiem Makarim bertemu dengan Megawati. (Dok. Instagram/nadiemmakarim)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menemui Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, kemarin. Pertemuan itu diketahui dari akun Instagram resmi Nadiem.

"Ngobrol dua jam sama Bu Mega, diskusi strategi mempercepat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila," tulis Nadiem, dalam caption foto unggahannya itu.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait pertemuan itu. Nadiem hanya menjelaskan banyak belajar dari pengalaman Megawati.

"Saya banyak belajar dari pengalaman beliau," katanya.

[Gambas:Instagram]





Pertemuan yang disertai swafoto itu berlangsung di tengah kencangnya isu reshuffle kabinet. Posisi Nadiem disebut-sebut tidak aman.

"Dugaan Nadiem mencari suaka politik cukup menguat dengan menghadap Ketum PDIP. Setidaknya itu bisa diukur dari respons publik dan komentar di media sosial," kata Direktur Parameter Politik Adi Prayitno kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).

Belakangan ini, sebelum isu reshuffle menguat, Kemendikbud yang dipimpin Nadiem beberapa kali dikritik. Nadiem, kata Adi, dinilai salah satu menteri yang layak dievaluasi.

"Publik itu sangat pintar membaca gerak-gerik elite karena sudah terbiasa dengan suasana politik semacam itu. Apa lagi belakangan ini Nadiem kerap diserang-serang menteri yang layak dievaluasi," ujar Adi.

Pertemuan Nadiem dengan Megawati dinilai tak mungkin lepas dari manuver politik. Sebab, pertemuan itu diungkapkan di tengah derasnya kritik kepada Nadiem.

"Tak mungkin ada asap kalau tak ada api. Nadiem menghadap Megawati tak lahir dari ruang hampa. Tapi terjadi di tengah derasnya kritik publik yang mengarah pada dirinya yang diberi rapor merah sama publik," kata Adi.

Menurut dia, tak perlu seorang ahli untuk menjelaskan makna Nadiem menghadap Megawati. Adi mengatakan tak menutup kemungkinan Nadiem juga meminta petuah kepada Megawati.

"Bahwa Nadiem niat silaturahmi atau minta petuah Mbak Mega mungkin saja itu ada. Tapi, jika membaca konteks, sukar jika tak dikaitkan dengan derasnya kritik yang setiap saat mengarah pada dirinya," sebut Adi.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading