Mobil-Mobil Ini Gagal Jadi 'Pembunuh' Avanza

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
19 April 2021 17:10
Toyota Avanza Veloz Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

Jakarta, CNBC Indonesia - Honda Brio tak diduga sebagai 'pembunuh' sejati Toyota Avanza, setelah sepanjang tahun lalu menjadi mobil paling laris di Indonesia.

Selain Brio, saat ini ada beberapa mobil yang memang sempat mengalahkan atau menjadi 'pembunuh' Avanza. Secara bulanan, ada mobil terlaris seperti Suzuki Pick Up hingga GranMax sampai Xpander dan All New Nissan Livina.  Suzuki pick up  tak diduga jadi mobil terlaris pada November 2020.

Pada Juni 2019 posisi mobil sejuta umat itu sempat digeser oleh Xpander. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Avanza sepanjang Juni 2019 hanya terdistribusi 3.543 unit. Sementara Xpander terkirim sebanyak 4.624 unit ke seluruh diler-diler Mitsubishi di Indonesia.


Pada Februari 2021 mobil terlaris adalah Daihatsu GranMax. Selain itu, All New Nissan Livina secara mengejutkan mampu berada di peringkat pertama penjualan mobil wholesales atau dari pabrik ke diler dengan angka mencapai 6.338 unit pada Agustus 2020.

Sebelumnya ada beberapa model mobil yang mencoba menjadi 'pembunuh' Avanza tapi gagal.

Misalnya Suzuki Ertiga, kali pertama meluncur pada 2012, terjual 34.074 unit. Setahun setelahnya sempat terjual 63.318 unit, tapi tetap saja jauh di bawah Avanza yang sempat di atas 200 ribu unit per tahun.

Chevrolet Spin, saat kali pertama kemunculannya pada 2013 mampu terjual di atas 10 ribu unit, tapi setelahnya terus berhenti hingga tutup pabrik. Honda Mobilio pun belum sempat melampaui torehan Avanza.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Toyota Avanza Bukan Lagi Mobil Paling Laris


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading