Ogah Disorot Kamera, Putin Terima Suntikan Kedua Vaksin Covid

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 April 2021 19:34
INFOGRAFIS, Sputnik V, Vaksin Covid-19 Buatan Rusia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin mengatakan ia telah mendapatkan suntikan kedua dari vaksin virus corona. PutinĀ berharap orang Rusia mengikuti langkahnya untuk vaksinasi.

"Saya ingin memberitahu Anda bahwa sekarang, sebelum memasuki ruangan ini, saya juga menerima vaksinasi kedua," katanya dalam pertemuan Masyarakat Geografis Rusia yang disiarkan televisi, dikutip dari AFP.

"Saya berharap semuanya akan baik-baik saja, pada kenyataannya, saya yakin akan hal itu," lanjutnya.


"Saya berasumsi bahwa Anda, menjaga diri sendiri dan orang yang Anda cintai, akan melakukan hal yang sama dan mengikuti teladan saya."

Dilansir dari The Moscow Times, Putin, yang berusia 68 tahun, menerima suntikan vaksin pertamanya pada 23 Maret 2021. Seperti dosis pertamanya, suntikan kedua presiden dilakukan di luar kamera karena ia tidak suka gagasan divaksinasi di depan kamera.

Putin juga menolak mengatakan yang mana dari tiga vaksin virus corona yang disetujui Rusia yang dia terima. Maret lalu, juru bicara Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa "ketiga vaksin Rusia benar-benar dapat diandalkan, sangat baik dan efektif."

Rusia sendiri memiliki vaksin sendiri, yakni Sputnik V yang dibuat oleh Lembaga Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya. Vaksin ini juga sudah disetujui sebagai penggunaan darurat di India.

Namun belum lama ini, Gamaleya mengonfirmasi bahwa vaksin mereka kurang efektif terhadap varian virus Afrika Selatan, tetapi mengklaim bahwa vaksin buatan Rusia masih menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap mutasi virus daripada para pesaingnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading