Internasional

Heboh Kim Jong Un Hukum Mati Menteri karena Sekolah Online

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
13 April 2021 04:25
People watch a TV showing a file image of North Korean leader Kim Jong Un during a news program at the Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, Saturday, May 2, 2020. Kim made his first public appearance in several weeks as he celebrated the completion of a fertilizer factory near Pyongyang, state media said Saturday, ending an absence that had triggered global rumors that he was seriously ill. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jakarta, CNBC Indonesia - Berita mengejutkan datang dari Korea Utara (Korut). Pemimpin tertinggi negeri itu Kim Jong Un dikabarkan menjatuhkan hukuman mati ke pejabat karena gagal dalam penerapan pendidikan jarak jauh.

Dalam laporan media Daily NK akhir pekan ini, Departemen Organisasi dan Bimbingan (OGD) menyebut ia tak cukup bagus menerapkan aturan tersebut. Pejabat yang disebut sejumlah media setingkat menteri itu, justru mengkritik aturan sang penguasa.


"Departemen Organisasi dan Bimbingan (OGD) melakukan investigasi karena komisi itu gagal membuat kemajuan apapun dan karena beberapa mengkritik kebijakan pemerintah," sebut seorang sumber.

Tidak diketahui secara pasti siapa yang memimpin komisi itu. Namun diketahui nama marga ketua komisi itu adalah Park dan ia berusia 50 tahun.

OGD menerima kabar bahwa Park sering mengumpulkan anggota komisi itu untuk mengeluh tentang kebijakan pemerintah. Bahkan Park dilaporkan pernah menyatakan bahwa pendidikan berbasis video daring itu ini sia-sia saja.

Sebelumnya Korut berharap lembaga pendidikan di negeri itu gencar melakukan konferensi video secara teratur. Belum diketahui jelas polanya namun Korut memang memiliki akses internet walau terbatas.

Eksekusi ini menambah panjang daftar pejabat Korut yang dieksekusi Kim Jong Un. Sebelumnya Kim disebut juga pernah mengeksekusi beberapa pihak seperti pedagang valuta asing, musisi, menteri, dan bahkan pamannya sendiri.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading