Free PPnBM Beneran Bikin Harga Mobil Turun, Ini Buktinya!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
01 April 2021 11:20
Calon pembeli melihat mobil baru di Showroom Suzuki di Kawasan Gading Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (16/2/2021). Pemerintah memutuskan untuk memberikan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) atau pajak 0%. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan laju inflasi inti Indonesia melambat bahkan menjadi deflasi. Salah satunya karena penurunan harga mobil.

"Inflasi inti kita -0,03% month-to-month. Utamanya disebabkan oleh deflasi yang terkait harga mobil," ungkap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto dalam jumpa pers, Kamis (1/4/2021).

Mulai Maret 2021, pemerintah memberikan insentif pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas mesin hingga 1.500 cc. Syaratnya, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 70%. Pembebasan PPnBM membuat harga mobil bisa turun hingga belasan juta rupiah.


"Mobil ini memiliki bobot 1,93% atau kalau kita lihat perubahan harga -1,45% dengan andil -0,03%," lanjut Setianto.

Secara umum, inflasi Indonesia pada Maret 2021 adalah 0,08% MtM. Melambat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 0,1% MtM.


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading