Kesembuhan Melesat, Kapasitas RS Wisma Atlet Turun Jadi 33%

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
31 March 2021 17:50
Wisma Atlet (Dok. BNPB)

Jakarta, CNBC Indonesia - Koordinator RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono melaporkan terus terjadi penurunan kapasitas rumah sakit tersebut. Demikian kata Tugas dalam media briefing di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

"Sebulan yang lalu 80% terus turun saat ini 33,47% atau di bawah 50% dari kapasitas tempat tidur yang disiapkan 5.594," katanya.

Saat ini, jumlah pasien yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran mencapai 2.006 pasien.



Menurut Tugas, ada beberapa hal terkait penurunan jumlah keterisian kapasitas RS tersebut. Salah satunya adalah peningkatan tingkat kesembuhan.

"Di sisi lain ada program PPKM mikro. Ini sangat efektif menjaga tidak ada peningkatan penularan Covid-19 antara masyarakat. Ini juga program vaksinasi, walau capaian belum ditargetkan, tapi paling tidak memberikan warning dan nilai ketahanan," kata Tugas.

Dalam kesempatan itu, Tugas mengungkapkan RSDC Wisma Atlet Kemayoran juga mengantisipasi libur panjang pekan depan. Sebab, berdasarkan kejadian sebelumnya, tingkat keterisian RS meningkat setelah libur panjang Lebaran, 17 Agustusan, hingga libur akhir tahun.

"Jumlah pasien saat libur, setelah libur sekitar 2 mingguan, kami lihat pasti akan naik jumlahnya. Di sini dicocokkan jumlah di DKI bahkan nasional sama. Turun itu juga ikut turun. Dalam satu tahun sudah bisa melihat pola," kata Tugas.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading