Gagal Upload SPT Pajak Lewat e-Form, Ini Solusinya!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
31 March 2021 10:50
Suasana pelayanan pembayaran pajak di Kantor Pelayanan Pajak Sudirman Jakarta, Selasa,  (13/3).  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini, Rabu (31/3/2021) adalah batas akhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Gagal submit laporan SPT online sering kali ditemukan oleh para wajib pajak. Penyebabnya bermacam-macam.

Direktorat Jenderal Pajak melalui akun resminya @kring_pajak menjelaskan apabila masyarakat gagal dalam mengunggah atau mengupload SPT melalui e-form.

Jika gagal upload melalui e-form, DJP memastikan kepada masyarakat bahwa gawai, serta browser yang digunakan sudah terhubung dengan internet.


Dikutip dari @kring_pajak, Rabu (31/3/2021), berikut langkah yang bisa ditempuh jika Anda kesulitan mengunggah laporan SPT melalui e-form,:
1. Pastikan browser Internet Explorer (IE) bisa untuk internetan, baik menggunakan proxy atau direct.
2. Buka IE > Internet Option > Advanced > lalu pastikan SSL dan TLS tercentang semua.
3. Pastikan tidak ada isian yg masih merah.
4. Pastikan time zone komputer GMT+7 jakarta.
5. Pastikan jam dan tanggal di komputer benar.
6. Disable firewall & antivirus.
7. Pindahkan e-form ke pc lain kemudian coba submit.

Kendati demikian, DJP menekankan bahwa format setting yang sudah disebutkan di atas hanya ada di dalam browser Internet Explorer.

"Jika ada masalah submit eform, salah satu solusinya adalah mengubah setting Internet Explorer. Tidak masalah jika mengakses DJP Online lewat Chrome. Namun settingan tersebut hanya ada di browser Internet Explorer dan semua komputer berbasis windows pasti ada," jelas DJP dalam akun resminya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading