Baca Ini Sebelum Lapor SPT Pajak Online, Dijamin Jelas!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
31 March 2021 10:30
Kantor Pajak Buka Pelayanan Pengisian SPT, Rabu (3/3/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Orang Pribadi akan berakhir hari ini. Bagi Wajib Pajak (WP) yang belum melakukan kewajibannya segera lapor saat ini juga.

Saat kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan masyarakat menjaga jarak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menghimbau melakukan pelaporan secara online melalui e-filing.

e-filing adalah cara pelaporan pajak yang bisa dilakukan dari mana saja dan kapanpun selama terhubung dengan jaringan internet. Cara ini akan memudahkan WP karena tidak perlu mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).


"Jadi tidak perlu ke kantor pajak untuk lapor SPT. Bisa melalui e-filing," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor kepada CNBC Indonesia.

Untuk melapor SPT melalui e-filing, WP hanya perlu melakukan login di website pajak.go.id dan pilih langkah mengisi SPT Tahunan. Namun, sebelum mengisi SPT pastikan anda sudah memiliki bukti potong dari perusahaan dan juga EFIN (Electronic Filing Identification Number).

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP untuk WP melakukan transaksi elektronik. Tanpa EFIN maka WP tidak bisa melakukan pelaporan SPT melalui e-filing.

Cara mendapatkan EFIN pun sangat mudah, bagi WP Orang pribadi berikut tahapannya:
1. Ajukan permohonan aktivasi EFIN dengan formulir yang sudah ditentukan. Pengajuan permohonan ini tidak bisa dikuasakan kepada orang lain. Datangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat, atau lokasi lain yang ditentukan kantor pajak di atas;

2. Tunjukkan asli serta menyerahkan fotokopi KTP buat orang Indonesia. Buat orang asing adalah paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP);

3. Tunjukkan asli serta menyerahkan fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT); Menyampaikan alamat email aktif.

Sudah Punya EFIN Tapi Lupa?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading