Gercep! Jokowi Segera Garap Ambon New Port Rp5 Triliun

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 March 2021 16:55
Jokowi di Pelabuhan Ambon (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana pembangunan Ambon New Port akhirnya dibawa dalam rapat terbatas. Pemerintah memutuskan akan segera membangun pelabuhan yang nantinya menjadi lumbung ikan nasional itu.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Untuk menjadikan satu sentra lumbung ikan nasional, tidak cukup pelabuhan yang ada. Kita butuh pembangunan pelabuhan bersama dengan kawasan," kata Budi Karya, Senin (29/3/2021).


Pemerintah dalam waktu dekat akan segera membebaskan tanah di wilayah tersebut untuk membangun sejumlah infrastruktur dasar. Proyek ini akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU).

"Investasinya kurang lebih Rp 5 triliun, tahap awal Rp 1,3 triliun. Selain itu, ada kesempatan mengembangkan kawasan menjadi 900 hektare di mana swasta akan membebaskan 700 hektare," katanya.

Budi Karya menegaskan proyek ini diharapkan selesai dalam dua tahun pengerjaan, tepatnya pada 2023 mendatang. Proyek ini pun akan mendapatkan dukungan pendanaan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Rencana untuk membangun Ambon New Port pertama kali digaungkan oleh Presiden Jokowi kala melakukan kunjungan kerja ke Maluku pekan lalu. Pembangunan pelabuhan ini mempertimbangkan potensi perikanan di wilayah sekitar yang besar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menhub Sebut Jokowi Lebih dari 5 Kali Telepon Soal Sriwijaya


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading