Siap-siap! Pemerintah Segera Gusur Bangunan Liar Kali Cakung

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
26 March 2021 18:00
Tanggul Kali Cakung jebol. (Isal Mawardi/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan segera melakukan penertiban kawasan Kali Cakung untuk pencegahan banjir Jakarta Timur dan Bekasi. Penertiban yang dilakukan mulai dari mengembalikan fungsi alur hingga penertiban bangunan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Zainal Abidin mengatakan pihaknya telah merancang sebuah proyek normalisasi kali Cakung yang disebut restorative justice DAS Kali Cakung.

Penanganan jangka pendek yang diambil dalam proyek ini mulai dari mengembalikan fungsi alur dan sempadan sungai, serta menertibkan bangunan yang menghalangi/menyumbat saluran air.

"Di sisi lain, kami berencana untuk melebarkan dimensi Kali Cakung menjadi 12-15 meter dengan kedalaman 3 meter sebagai solusi jangka panjang. Upaya ini akan mampu menampung debit air hingga Q50," tutur Zainal, dalam keterangan resmi, Jumat (26/3/2021).

Dalam rapat itu perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Pemkot Bekasi juga menyatakan kali Cakung akan segera direstorasi dan pemkot sudah melakukan kajian awal.

Saat ini, Pemkot Bekasi masih menunggu data-data pendukung dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane dan mulai merencanakan kegiatan normalisasi kali Cakung. Ditargetkan kegiatan lelang selesai dalam waktu dekat.



Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air Kemenko Kemaritiman dan Investasi Rahman Hidayat mengatakan proyek ini bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan proyek prioritas yang masuk RPJMN 2020-2024. Yaitu pengamanan pesisir lima perkotaan Pantura Jawa, yaitu DKI Jakarta, Pekalongan, Semarang, Demak, dan Cirebon.

"Kali Cakung ini menjadi bagian pengendalian banjir terintegrasi greater Jakarta," kata Rahman dalam rapat itu.

Sebagai informasi, bagian hilir sungai ditampung di banjir kanal timur yang kemudian bermuara di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Kali Cakung di Jakarta panjangnya 39,59 kilometer dengan daerah pengaliran sungai (DPS) seluas 154,78 km². Curah hujan harian rata-rata sebesar 142 mm dan debit puncak 60 m³.

Diketahui, Kali Cakung yang mengaliri Kota Bekasi dan bagian timur DKI Jakarta ini seringkali menyebabkan banjir di beberapa titik sepanjang bantaran kali. Banjir terakhir terjadi pada pertengahan Februari 2021 dengan ketinggian genangan beragam antara 20 cm hingga 2 meter.

Salah satu penyebab banjir di sepanjang Kali Cakung adalah penyempitan alur sungai di perlintasan jalan dengan Kali Cakung. Setidaknya terdapat 13 perlintasan jalan dan kali yang maksimal lebar perlintasannya empat meter.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading