China Laporkan 9 Kasus Covid-19 Baru, Semuanya Impor!

News - Thea F, CNBC Indonesia
23 March 2021 16:10
Usai jalani karantina, tim peneliti WHO mulai selidiki asal-usul Covid-19. (AP/Ng Han Guan)

Jakarta, CNBC Indonesia - China kembali melaporkan adanya kasus infeksi baru virus corona di negaranya. Muncul sebanyak sembilan kasus Covid-19 baru pada Senin (22/3/2021), naik dari tujuh kasus sehari sebelumnya.

Dilansir dari Reuters, pada Selasa (23/3/2021), Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan semua kasus baru adalah infeksi impor. Berdasarkan data mereka, jumlah kasus asimtomatik baru, yang tidak diklasifikasikan oleh China sebagai kasus yang dikonfirmasi, naik menjadi 14 dari delapan kasus sehari sebelumnya.

Sebelumnya pada Kamis (18/3/2021), China melaporkan kasus infeksi lokal pertamanya setelah Negeri Tirai Bambu terbebas dari kasus dalam negeri sejak 14 Februari lalu.

Dilansir dari Channel News Asia (CNA), kasus virus corona lokal pertama China sejak Februari adalah seorang pekerja staf di rumah sakit dan telah menerima dua suntikan vaksin antara akhir Januari dan awal Februari.

Pasien, yang diidentifikasi dengan nama belakangnya Liu, telah bekerja di area karantina sebuah rumah sakit di kota Xian sejak 4 Maret, dan terutama bertanggung jawab untuk mengumpulkan sampel orang yang dikarantina untuk pengujian virus corona.

Laporan The Health Times, mengutip kelompok ahli gabungan dari provinsi Shaanxi di mana kota Xian berada, mengatakan Liu terinfeksi setelah secara tidak sengaja terpapar saat berada di area karantina rumah sakit.

China saat ini memiliki empat vaksin COVID-19 domestik untuk penggunaan publik, dengan vaksin yang dibuat oleh CanSino Biologics dan Wuhan Institute of Biological Products, afiliasi dari China National Pharmaceutical Group (Sinopharm), menerima persetujuan pada bulan Februari.

Mereka bergabung dengan vaksin dari Sinovac Biotech, juga disetujui bulan lalu, dan satu lagi dari unit Sinopharm di Beijing yang disetujui tahun lalu. Vaksin kelima, yang dikembangkan oleh Institute of Microbiology of Chinese Academy of Sciences, juga disetujui untuk penggunaan darurat di China.

China saat ini memiliki total kasus Covid-19 sebanyak 90.106 orang, dengan kasus kematian masih belum berubah pada angka 4.636.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading