Gaspol! Ini Jurus Sandiaga Uno Ramaikan Lagi Pariwisata RI

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
22 March 2021 17:55
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah menyiapkan berbagai strategi untuk memulihkan pariwisata Indonesia. Di masa pandemi ini, pemerintah ingin menjadikan wisatawan domestik sebagai tulang punggung pemulihan pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pariwisata di Indonesia ke depan akan berbeda drastis, tidak seperti dalam kondisi sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

"Adaptasi kepada pariwisata lebih kepada personalize, customize, localize, dan smaller in size," jelas Sandiaga dalam sebuah webinar, Senin (22/3/2021).


Sandiaga menjelaskan, personalized maksudnya yakni lebih kepada pariwisata pribadi atau hanya dalam lingkup keluarga. Jadi, wisatawan tidak lagi ikut dalam tur yang besar-besar.

Kemudian customize maksudnya adalah para traveler akan berwisata dengan minat khusus seperti wisata berbasis alam.

Localize yang dimaksud yakni wisatawan tidak lagi berpergian jauh, biasanya hanya menggunakan mobil dengan jarak tidak lebih dari 250 kilometer dari tempat tinggal wisatawan.

Sementara smaller in size adalah pariwisata dengan jumlah pengunjung di setiap destinasi wisata tidak terlalu masif.

"Strategi utama kita adalah bagaimana mengalahkan pandemi, karena kalau kurva penularan itu turun, dengan sedikit promosi, lebih banyak berdoa dan mendorong secara bergandengan tangan, pariwisata akan bangkit, ekonomi kreatif akan pulih," tuturnya.

Sebagai upaya menekan laju penularan virus Covid-19, Sandiaga juga terus mendorong untuk menjalankan program vaksinasi di setiap destinasi pariwisata. Dengan begitu, tingkat kepercayaan masyarakat untuk berwisata akan terus tumbuh.

Disamping itu, kata Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menyiapkan sertifikasi kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan (CHSE) bagi penyelenggara jasa pariwisata.

"Kita juga terus mendorong vaksinasi di destinasi wisata, baik para wisatawan maupun pelaku wisata dan ekonomi kreatif," tuturnya.

"Dan bulan-bulan ke depan akan kita gaspol sehingga mungkin lebih dari 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif ini bukan hanya mampu menangkap peluang untuk menjadi pemenang," kata Sandiaga melanjutkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gelar Pesta UMKM, Gubernur BI Ajak Luhut Hingga Sandi Belanja


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading