Diplomat Korea Utara Bersiap Pulang Kampung dari Malaysia

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
21 March 2021 15:30
INFOGRAFIS, Gawat!, Korut Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia

Jakarta, CNBC Indonesia - Diplomat Korea Utara tengah bersiap untuk pulang ke kampung halaman. Setelah Korea Utara memutus hubungan diplomatik karena mengekstradisi seorang warganya ke Amerika Serikat.

Ini berkaitan dengan putusan pengadilan di awal bulan ini, bahwa Mun Chol Myong dapat diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan pencucian uang. Pada diplomat itu diminta untuk meninggalkan Malaysia dalam kurun waktu 48 jam.

Mengutip AFP, Bendera Korea Utara juga sudah diturunkan dari gedung kantor kedutaan negara di Area Kuala Lumpur. Gerbangnya juga sudah dirantai.


Sebelum berangkat, kuasa hukum Korea Utara, Kim Yu Song, menuduh Malaysia berpihak pada Amerika Serikat dalam 'konspirasi' melawan Korea Utara. Dan melakukan tindakan permusuhan besar.

"Malaysia meyelaraskan kebijakannya dengan kebijakan Amerika Serikat, yang berupaya merampas kedaulatan negara kami, keberadaan dan pembangunanya yang damai," kata Kim, Diplomat Senior Korea Utara di Malaysia, mengutip AFP, Minggu (21/3/2021).

Kim dan sekelompok diplomat dan anggota keluarga kemudian berangkat dengan bus ke Bandara Kuala Lumpur. Lalu check - in di konter yang digunakan oleh penumpang regular.

Pejabat keamanan bandara yang enggan disebut namanya mengatakan sekitar 30 warga Korea Utara diperkirakan akan terbang ke Shanghai pada Minggu Malam.

Sebagai informasi, hubungan Korea Utara - Malaysia juga sudah mulai tegang dari 2017 sejak pembunuhan saudara tiri Kim Jong Un di Bandara Kuala Lumpur. Hingga akhirnya Pyongyang mengumumkan langkah ini, menyebut ekstradisi yang dilakukan oleh Malaysia pekan lalu sebagai "kejahatan yang tidak bisa diampuni" yang dilakukan dibawah tekanan Amerika.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading