Duh! RI Temukan Lagi 4 Kasus Mutasi Corona B117 Inggris

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
08 March 2021 17:02
INFOGRAFIS, Mengenal Mutasi Corona B117 yang Ditemukan di Karawang

Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah Indonesia kembali menemukan lagi Covid-19 varian B117 yang memiliki kemampuan penularan jauh lebih cepat daripada varian asalnya. Total ada 4 kasus varian baru yang tersebar di berbagai wilayah.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan 4 kasus baru tersebut ditemukan dengan rincian 1 kasu di Palembang, Sumsel pada 11 Januari; 1 kasus di Kalimantan Selatan pada 6 Januari, 1 kasus di Balikpapan, Kaltim pada 12 Januari dan 1 kasus lagi di Medan, Sumut 28 Januari.

"Untuk varian baru, di luar 2 kemarin (2 kasus Karawang) itu, hasil kerja sama lab Kemenkes dengan BRIN sudah menemukan 4 lagi," ujar Budi dalam konferensi pers, Senin (8/3/2021).


Lebih rinci, 4 kasus tersebut sudah menjalani tes gonem dan dipastikan bahwa strain virus tersebut berasal varian B117 dari Inggris. Sementara para pasien tersebut sudah sembuh dan keluar dari Rumah Sakit.

"Tindak lanjut sedang melakukan surveilans kontak erat dan dikejar agar dites," ujarnya.

Sebelumnya RI menemukan 2 kasus varian bari Covid-19. Kasus ini terjadi Karawang dan terjadi pada WNI yang baru pulang dari Arab Saudi.

"Dari dua kasus pertama dari Arab Saudi yakni kasus Karawang, semua kontak erat dites dan semua negatif," ujar Budi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading