8,4 Barel Minyaknya Tumpah di Dumai, Chevron Akui Pipa Bocor

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
01 March 2021 16:34
FILE PHOTO: The logo of Chevron is seen at the company's office in Caracas, Venezuela April 25, 2018. REUTERS/Marco Bello/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mengakui adanya kebocoran pipa di Pelabuhan PT CPI Dermaga #4 di Dumai, Riau, pada Sabtu (27/02/2021) lalu yang mengakibatkan tumpahnya minyak hingga 8,4 barel.

Sonitha Poernomo, Manager Corporate Communications PT CPI, mengatakan pada saat kejadian, Dermaga #4 sedang tidak digunakan.

Menurutnya kini pihaknya telah berhasil membersihkan 99% tumpahan minyak mentah di Pelabuhan CPI Dermaga #4 tersebut.


"PT CPI segera memperbaiki pipa yang bocor dan memasang oil boom untuk mencegah penyebaran dan mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengisolasi dan mengumpulkan tumpahan," ungkapnya dalam keterangan resminya yang diperoleh CNBC Indonesia, Senin (01/03/2021).

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Haryanto Syafri, mengatakan berdasarkan pantauan di lapangan, tumpahan minyak akibat kebocoran ini sekitar 8,4 barel.

"Berdasarkan pantauan terdapat tumpahan minyak sekitar 8,4 barel akibat kebocoran pipa," paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, CPI telah menghubungi SKK Migas sejak hari Sabtu lalu perihal kebocoran ini. Selepas itu, dilakukan prosedur keselamatan yang mementingkan pelindungan terhadap masyarakat dan lingkungan.

"PT CPI juga telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak pemerintah terkait, salah satunya Kementerian Lingkungan Hidup yang hari ini hadir langsung untuk meninjau lokasi dan mengevaluasi," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading