Mesin Boeing Rusak (Lagi)! Kali ini Milik Rossiya Airlines

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
26 February 2021 17:02
Rossiya Airlines (Dok. shop.rossiya-airlines.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah pesawat Boeing 777 milik maskapai Rossiya Airlines dikabarkan mendarat darurat di Bandara Sheremetyevo Moskow pada Jumat (26/2/2021) akibat masalah pada mesin.

Dilansir Reuters, penerbangan Rossiya 4520 itu sedang melakukan perjalanan dari Hong Kong menuju Madrid. Dalam perjalanannya, pesawat yang menggunakan mesin General Electric GE90-115B itu dilaporkan mengalami kerusakan mesin di wilayah udara Rusia, yang juga merupakan negara asal maskapai itu.

Pesawat itu berhasil mendarat pada pukul 04.44 pagi waktu Moskow.

"Pendaratan berlangsung normal," kata Rossiya dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa penerbangan akan dilanjutkan ke Madrid pada pukul 09.00 pagi.

Penerbangan itu menggunakan pesawat Boeing 777 seri 300 Extended Range yang menurut informasi dari Flighradar24 berusia 15 tahun.



Sementara itu mesin pesawat itu sendiri berbeda dari mesin Pratt & Whitney PW4000 yang diperiksa dengan seksama setelah terjadi kebakaran mesin di atas United Airlines 777 pada Sabtu (20/2/2021) lalu. Peristiwa itu mendorong penangguhan operasional maskapai yang melibatkan pesawat yang menggunakan mesin tersebut.

Sejauh ini General Electric belum memberikan tanggapan atas insiden ini.

Boeing memulai tahun 2021 ini dengan beberapa tragedi yang meilibatkan pesawat buatannya. Dimulai pada 9 Januari lalu di mana pesawat Boeing 737-500 milik Sriwijaya Air yang jatuh di perairan kepulauan Seribu. Seluruh penumpang pesawat itu dilaporkan tewas.

Satu setengah bulan kemudian, United Airways Boeing 777-200 mengalami ledakan mesin sesaat setelah lepas landas di Denver, Amerika Serikat (AS). Pesawat berhasil kembali ke bandara dan tidak ada penumpang yang terluka. Namun, puing-puing pesawat dilaporkan menghujani sebagian kota Denver.

Pada hari yang sama, mesin pesawat kargo Boeing 747 juga terbakar saat lepas landas di Maastricht, Belanda. Pesawat berhasil melakukan pendaratan darurat di Belgia. Namun, puing-puing mesin pesawat juga ditemukan tersebar di beberapa titik dekat Maastricht



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading