Internasional

Erdogan On Fire Mau 'Kuasai' Bumi, Ini Ceritanya!

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
19 February 2021 12:03
Recep Tayyip Erdogan. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuat heboh dunia. Pasalnya presiden 66 tahun itu mengatakan bahwa Turki saat ini sedang berada di jalur untuk menjadi pemimpin dunia.

Mengutip akun [email protected], ia mengklaim bahwa Turki sudah secara konkret menuju jalan kepemimpinan global dengan manuver politik luar negerinya.

"Hari ini, Turki percaya diri lebih dari sebelumnya. Ia berjalan selangkah demi selangkah di lapangan, bukan dengan kata-kata, menuju tujuannya untuk kepemimpinan regional dan global," ujarnya sebagaimana dicuitkan dalam akun [email protected]


Beberapa manuver politik internasional yang dimaksud oleh pemimpin muslim terkuat ini adalah mengenai keterlibatan Turki di Siprus, Suriah, dan konflik Armenia-Kazakstan, Nagorno-Karabakh. Di mana Ankara mengambil sikap yang sangat strategis dalam konflik itu.

Menambahkan bahwa hal ini juga dilakukan atas restu Tuhan. Ini pun sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku

"Dalam ribuan tahun yang telah berlalu, kami telah mengatasi badai yang tak terhitung jumlahnya. Dengan izin Allah, kami telah mengatasi badai yang tak terhitung jumlahnya ini tanpa cedera, "katanya.

Selain itu ia juga menyebutkan bahwa keteguhan sikap internasional Turki ini karena negeri Anatolia itu selalu menolak untuk mengikuti apa yang disebut sebagai "tirani".

"Karena kami tidak pernah menjadi tiran," katanya. "Kami juga tidak mendukung tiran. Kami tidak menyerah pada tiran, "lanjutnya.

Hal ini membawa keresahan baru bagi Yunani yang menjadi rival Turki soal Siprus. Sebuah media online asal Negeri Para Dewa itu, Greek City Times, menyebutkan bahwa Erdogan mengucapkan hal tersebut dengan tidak menyadari fakta bahwa ekspansi Ankara di pulau itu melanggar resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Erdogan memang dikenal sebagai figur yang berani. Ia mengundang kontroversi saat membeli misil Rusia S-400, padahal Turki adalah anggota NATO.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading