Heboh! Satu Desa Borong Mobil Gegara Ganti Rugi Kilang Tuban

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
16 February 2021 18:00
Warga ramai-ramai membeli mobil baru usai terima uang ganti rugi lahan kilang minyak Desa Sumurgeneng, Kec. Jenu, Kab. Tuban Jawa Timur. (Instagram)

Jakarta, CNBC Indonesia - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya tayangan video yang menunjukkan sejumlah mobil baru tiba di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Menjadi tak biasa karena dalam unggahan video yang ditayangkan dalam akun Instagram @undercover.id tersebut menyebutkan bahwa warga desa memborong mobil baru usai terima ganti rugi lahan kilang minyak.

Seperti diketahui, PT Pertamina (Persero) bersama perusahaan minyak asal Rusia, Rosneft, tengah membangun kilang bahan bakar minyak (BBM) baru di Tuban, Jawa Timur.


"Warga ramai-ramai membeli mobil baru usai terima uang ganti rugi lahan kilang minyak Desa Sumurgeneng, Kec.Jenu, Kab.Tuban Jawa Timur," demikian isi unggahan dalam akun Instagram @undercover.id, yang ditayangkan hari ini, Selasa (16/02/2021).

Dalam video tersebut tampak mobil polisi yang turut mengawal datangnya sejumlah mobil baru tersebut. Setidaknya ada lima mobil baru tiba yang tampak dari video tersebut.

"Satu desa borong mobil. mantap..!!" begitu tulisan dalam video tersebut.

Warga ramai-ramai membeli mobil baru usai terima uang ganti rugi lahan kilang minyak Desa Sumurgeneng, Kec. Jenu, Kab. Tuban Jawa Timur. (Instagram)Foto: Warga ramai-ramai membeli mobil baru usai terima uang ganti rugi lahan kilang minyak Desa Sumurgeneng, Kec. Jenu, Kab. Tuban Jawa Timur. (Instagram)
Warga ramai-ramai membeli mobil baru usai terima uang ganti rugi lahan kilang minyak Desa Sumurgeneng, Kec. Jenu, Kab. Tuban Jawa Timur. (Instagram)

Seperti diketahui, Pertamina berencana membangun kilang BBM baru di Tuban dengan kapasitas 300 ribu barel per hari (bph). Ditargetkan, kilang baru ini mulai beroperasi pada 2026 mendatang.

Berdasarkan data Pertamina yang dipaparkan di Komisi VII DPR RI pada 9 Februari 2021 lalu, saat ini perseroan dalam proses penyiapan pembebasan lahan tahap IV kilang Tuban di mana ditargetkan dilakukan pada minggu ke-4 Februari 2021. Selain itu, perseroan juga dalam proses finalisasi dokumen dan persiapan lelang untuk reklamasi.

Pembayaran lahan masyarakat untuk kilang Tuban ini sudah selesai pada 10 Desember 2020 lalu.

Adapun izin prinsip lahan Perhutani oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sudah terbit pada 12 Januari 2021.

Hingga 29 Januari 2021 tercatat kemajuan desain teknis dasar (Basic Engineering Design/ BED) mencapai 98,8%.

Proyek Kilang Tuban ini merupakan bagian dari program mega proyek kilang Pertamina yang terdiri dari Refinery Development Master Plan (RDMP) dan kilang baru (Grass Root Refinery/ GRR).

Melalui mega proyek kilang tersebut, perseroan menargetkan peningkatan kapasitas kilang BBM menjadi total sekitar 1,4 juta bph pada 2027 mendatang dari saat ini sekitar 1 juta bph dengan total investasi diperkirakan mencapai sekitar US$ 43 miliar atau sekitar Rp 602 triliun (asumsi kurs Rp 14.000 per US$).


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading