Barang yang Terbanyak Dikonsumsi Orang Miskin: Beras & Rokok!

News - Lidya Julita S., CNBC Indonesia
15 February 2021 15:43
Harga rokok akan berubah seiring kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok, yang rata-rata 12,5% mulai hari ini, Senin (1/2/2021).

Jakarta, CNBC Indonesia - Beras dan rokok kretek filter memberikan pengaruh besar atas bertambahnya kemiskinan di Indonesia. Hal ini dikarenakan besarnya konsumsi masyarakat atas komoditi tersebut. Sehingga ketika harganya naik, kelompok yang mendekati garis kemiskinan langsung terpukul.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menjelaskan, baik beras maupun rokok kretek filter masuk dalam kelompok bahan makanan, bersamaan dengan telur ayam, gula pasir hingga kue basah. Kelompok ini berperan mendorong kemiskinan sebesar 73,87%.

"Jadi dengan melihat angka ini, maka harus memberikan perhatian ekstra agar komoditas pangan seperti beras dan sebagainya tidak mengalami fluktuasi yang tinggi," ujarnya secara virtual, Senin (15/2/2021).


Komponen tersebut memang tidak banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. "Jadi yang memberi pengaruh ke garis kemiskinan tidak berubah yakni beras, rokok dan telur ayam ras," jelasnya.

Berikut daftar komoditi yang berdampak besar bagi garis kemiskinan:

1. Beras
2. Rokok kretek filter
3. Telur ayam ras
4. Daging ayam ras
5. Mie instan
6. Gula pasir
7. Kopi bubuk dan kopi instan (saset)
8. Kue basah
9. Tempe
10. Tahu


[Gambas:Video CNBC]

(mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading