Kronologi Amblesnya Jalan Tol Cipali, Duh Logistik Bisa Parah

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
10 February 2021 09:51
Tol Cipali Amblas (Dian Firmansyah - detikNews)

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Masita mengatakan dampak yang akan ditimbulkan dari kerusakan akses jalan Cipali arah Jakarta di Ruas KM 122 akan sangat parah. Satu-satunya jalan bebas hambatan yang menghubungkan Jawa Barat ke Jawa Tengah adalah tol Cipali.

"Dampaknya sangat parah. Karena akses Pantura juga sedang tertutup karena Banjir. Dan satu-satunya jalan yang menghubungkan Jawa Barat ke Jawa Tengah adalah tol Cipali dan ternyata 1 jalur tol Cipali ambles," katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (9/1/2021).

Menurut Zaldy macet parah yang terjadi di tol Cipali ini akan mengganggu distribusi barang di Jawa. Pasalnya semua komoditas barang bisa terganggu karena pergerakan logistic di jawa 90% menggunakan angkutan truk.


"Kalau pantura tidak banjir sih masih aman, tidak perlu lewat tol Cipali," katanya. Sementara kerugian yang ditimbulkan setiap harinya bisa mencapai milyaran dengan akses yang terputus.

Bila hal ini tidak segera diselesaikan pemerintah, maka arus barang di Jawa bisa lumpuh. Karena jalur kereta api juga sedang terputus di Semarang karena stasiun dan rel kereta api terkena banjir.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Astaga! Jalan Tol Cipali Ambles, Contra Flow Diberlakukan

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading