Internasional

Thai Airways Bangkrut! PHK Karyawan, Pensiunkan Armada

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
09 February 2021 16:17
Doc.Thai Airways

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai penerbangan asal Thailand, Thai Airways, saat ini diambang kebangkrutan. Bahkan perusahaan dilaporkan telah menyiapkan rencana restrukturisasi yang akan ditinjau oleh pengadilan kepailitan Thailand.

Mengutip Asia One, dalam rencana restrukturisasi itu, maskapai berencana memensiunkan tiga jenis armada berbadan lebarnya. Yakni Airbus A330, Boeing 747, dan pesawat penumpang terbesar di dunia miliknya Airbus A380.


Selain itu, maskapai ini juga berencana untuk memangkas jumlah pilot menjadi 905 orang, dengan memberhentikan 395 pilot. Thai Airways mengaku tidak berencana untuk mempekerjakan lebih banyak lagi pilot di 2021 dan 2022.

Manajemen mengatakan keputusan diambil berdasarkan situasi industri penerbangan saat ini. Pandemi corona (Covid-19) benar-benar memukul keras perusahaan dengan larangan penerbangan. Thai Airways juga telah meminta lessor pesawat, produsen mesin dan perusahaan jasa untuk mengurangi biaya mereka.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Thailand Wissanu Krea-ngam yang ditunjuk membenahi masalah keuangan Thai Aiways menyebut ada kemajuan dalam rencana rehabilitasi. Utang juga akan diselesaikan dengan sejumlah pilihan.



Sebelumnya, dilaporkan Bangkok Times, Thai Airways kehilangan statusnya sebagai badan usaha milik negara (BUMN) ketika Kementerian Keuangan Thailand mengurangi kepemilikannya di hingga di bawah 50%. Maskapai tersebut akhirnya mencari bantuan setelah mengeluarkan uang selama bertahun-tahun.

Total kewajiban perusahaan mencapai 338,9 miliar baht atau setara Rp 157 triliun, terhadap total aset 298,9 miliar (Rp 139 triliun) per 30 September tahun lalu.

Akibat utang yang menggunung ini, maskapai juga sempat melakukan beberapa hal. Mulai dari menjual ratusan armadanya pada November hingga menjual gorengan di pinggiran kota.

Perusahaan mengoptimalkan divisi cateringnya untuk berjualan Roti Goreng Odading atau yang dikenal di Thailand dengan sebutan Patong-go. Ini dilakukan secara kaki lima di beberapa penjuru kota Bangkok.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bangkrut, Maskapai Penerbangan Ini Jual Gorengan


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading