Ini Alasan Anies Dijadikan Pahlawan 2021 versi TUMI

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
05 February 2021 15:38
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, buntut acara Habib Rizieq Syihab tiba di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020). Kedatangan Anies untuk memenuhi surat panggilan Polda Meteo Jaya terkait terkait kerumunan pada kegiatan Habib Rizieq Shihab. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk sebagai "pahlawan 2021" dalam sebuah rilis lembaga penelitian mobilitas masyarakat Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Anies masuk dalam pemeringkatan "21Heroes2021". Program ini memuat 21 pemimpin dan figur publik yang dirasa berhasil mentransformasi mobilitas publik yang juga menghela peningkatan kualitas hidup seluruh warga.


Dalam daftar itu, Anies masuk bersama-sama dengan pengusaha kawakan asal Amerika Serikat (AS) yang juga pendiri Tesla Elon Musk.

Anies dianggap memimpin perbaikan transportasi Jakarta secara menyeluruh. Beberapa pencapaian Anies yang dianggap sebagai keberhasilan besar oleh TUMI adalah perbaikan layanan Bus dan rencana jaringan jalur sepeda, yang 63 km diantaranya saat ini sudah tersedia.

"Kota ini bekerja menuju tujuan bersama untuk menciptakan transportasi yang adil, terjangkau dan inklusif untuk semua. Sebelum pandemi, Anies melihat Jakarta sebagai sebuah sistem transportasi yang transformatif dan terintegrasi dari berbagai moda transportasi," tulis lembaga itu.

Selain itu Gubernur yang juga berlatar belakang akademisi ini juga dipandang memiliki ide-ide yang baik untuk meluncurkan moda transportasi yang ramah lingkungan seperti rencana operasional bus listrik dan renovasi stasiun angkutan umum milik kota yang terhubung langsung dengan Kereta Api Commuter Line.

"Di tengah kabut asap (polusi) kota (Jakarta), ia melihat peluang peluncuran rencana operasional bus listrik dan renovasi stasiun angkutan umum milik kota yang langsung terhubung dengan stasiun KA commuter line."

Sementara itu Elon Musk dimasukkan dalam daftar itu karena dianggap mampu menciptakan moda transportasi elektrik yang ramah lingkungan dengan emisi bersih di Tesla. Produk Tesla semuanya merupakan produk mobil listrik.

TUMI merupakan lembaga internasional yang seringkali membuat pemeringkatan mengenai mobilitas masyarakat. Dalam situsnya, mereka mengklaim hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa proyek mobilitas berkelanjutan dapat membantu menciptakan masa depan yang lebih baik.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading