Crazy Rich Jeff Bezos Akhirnya Tinggalkan Posisi CEO Amazon

News - Tommy S, CNBC Indonesia
03 February 2021 07:15
Jeff Bezos. (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Amazon yang juga salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos mengatakan bahwa dirinya akan segera meninggalkan Amazon pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini. Lantas siapa yang akan menggantikan tahtanya di perusahaan e-commerce besar itu?

Dilansir dari CNBC International, menurut sebuah pengumuman yang dirilis hari Selasa (2/2/2021), Bezos menyerahkan kendali kepada eksekutif cloud teratas perusahaan, Andy Jassy. Bezos akan beralih ke ketua eksekutif dewan Amazon.

Jassy memang bukan orang baru di Amazon. Pria 53 tahun ini bergabung dengan Amazon pada tahun 1997 dan telah memimpin tim cloud Amazon Web Services (AWS) sejak awal. AWS saat ini terus mendorong sebagian besar keuntungan Amazon.

"Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa pada Kuartal 3 ini saya akan beralih ke Ketua Eksekutif Dewan Amazon dan Andy Jassy akan menjadi CEO," kata Bezos dalam sebuah surat kepada karyawan.

Amazon founder Jeff Bezos during the JFK Space Summit at the John F. Kennedy Presidential Library in Boston, Wednesday, June 19, 2019. (AP Photo/Charles Krupa)Foto: Jeff Bezos. (AP Photo/Charles Krupa)



"Dalam peran Ketua Eksekutif, saya bermaksud untuk memfokuskan energi dan perhatian saya pada produk baru dan inisiatif awal. Andy terkenal di dalam perusahaan dan telah berada di Amazon hampir selama saya. Dia akan menjadi pemimpin yang luar biasa, dan dia memiliki kepercayaan penuh saya."

Berita itu datang bersamaan dengan laporan pendapatan di mana Amazon membukukan kuartal pertama US$ 100 miliar (Rp 140 triliun). AWS, di bawah Jassy, melaporkan pertumbuhan pendapatan 28% untuk kuartal keempat. Sekitar 52% dari pendapatan operasional Amazon diatribusikan ke AWS per Oktober 2020.

Saham Amazon naik sekitar 1% dalam perdagangan diperpanjang Selasa di belakang laporan pendapatan dan berita C-suite. Saham perusahaan telah naik sekitar 4% sejauh ini pada tahun 2021 dan naik hampir 70% dalam 12 bulan terakhir.

Kepala keuangan Amazon, Brian Olsavsky, mengatakan melalui panggilan media bahwa perubahan eksekutif diputuskan dengan berkonsultasi dengan dewan direksi Amazon. Dia mengatakan Bezos akan tetap sangat terlibat dan memiliki sidik jarinya di banyak bagian perusahaan yang berbeda. Olsavsky mengatakan Jassy adalah pemimpin visioner yang akan membawa keahliannya sendiri tetapi Amazon mengharapkan banyak kontinuitas dengan transisi.

Nantinya, Jassy diharapkan mampu memandu perusahaan melalui masalah antitrust yang selama ini menghantui Amazon. Pada bulan Oktober, setelah penyelidikan selama 16 bulan terhadap praktik persaingan di perusahaan teknologi besar termasuk Amazon, subkomite Kehakiman DPR untuk antitrust menyimpulkan bahwa Amazon, Apple, Facebook, dan Google menikmati kekuatan monopoli. Amazon juga menghadapi keluhan antitrust di Uni Eropa (UE).

Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan sejak itu perusahaan ini mengubah toko buku daring yang pernah ada menjadi pengecer besar dengan jangkauan global dalam banyak kategori berbeda dari gadget dan streaming. Amazon telah melampaui kapitalisasi pasar US$ 1 triliun (Rp 1.400 triliun) di bawah kepemimpinan Bezos pada Januari tahun lalu. Saat ini nilai dari Amazon sendiri lebih dari $ 1,6 triliun (Rp 2.200 triliun).



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading