Jokowi: Hati-Hati Ekonomi Turun karena PPKM

News - Lidya Julita S., CNBC Indonesia
31 January 2021 19:50
Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor. (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Rusman)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para menterinya untuk tetap menjaga kondisi perekonomian nasional. Sebab, menurutnya perekonomian bisa saja turun karena penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Namun, ia menekankan tidak masalah perekonomian turun karena PPKM jika kasus Covid-19 juga bisa dikendalikan. Tapi, jika PPKM membuat perekonomian turun dan Covid-19 tetap naik, maka menurutnya kondisi ini perlu diwaspadai.

"Hati-hati ini turun, ada PPKM, ekonomi turun. Sebetulnya nggak apa-apa asal Covid-nya juga turun, tapi ini nggak," ujarnya dalam rapat terbatas tentang Pendisiplinan Melawan Covid-19 di Istana Bogor, seperti yang ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (31/01/2021).


Oleh karenanya, ia mengimbau agar para menteri kembali mendesain kebijakan bersama para pakar yang lebih baik agar memberikan dampak yang baik. Seperti mengurangi penyebaran Covid-19 dan perekonomian tetap stabil.

"Menurut saya, coba dilihat lagi, tolong ini betul-betul dikalkulasi, betul-betul dihitung," tegasnya.

Ia menjelaskan, memang tidak akan ada dan belum ditemukan sampai sekarang formula kebijakan yang baik seperti apa. Hal ini juga dialami negara lain, sehingga memang mendesain kebijakan perlu terus dilakukan agar menemukan kebijakan yang tepat.

Keterlibatan dan kerja sama para pakar bersama pemerintah ini nantinya diharapkan akan menghasilkan desain kebijakan yang lebih baik dan komprehensif.

"Saya ingin Menko ajak sebanyak-banyaknya pakar epidemiolog sehingga dalam mendesain kebijakan itu betul-betul bisa lebih komprehensif," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading