Titah Jokowi: Vaksinasi Massal Dilakukan Secepatnya!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
27 January 2021 10:38
Presiden Joko Widodo merima Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, Rabu (27/1/2021) sudah menerima suntikan vaksin Covid-19 untuk dosis kedua. Dalam jangka pendek, Jokowi ingin vaksinasi massal dilakukan secepatnya.

"Agenda jangka pendek kita, untuk mengawali tahun ini dengan vaksinasi massal secepat-cepatnya. Vaksinasi adalah salah satu kebijakan prioritas," jelas Jokowi dalam MGN Summit 2021 secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Vaksinasi, sambung Jokowi sangat penting untuk mengatasi persoalan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, baik dari sisi kesehatan dan ekonomi.

Jokowi ingin pemerintah bekerja cepat untuk memperoleh ratusan juta dosis vaksin di tengah dominasi negara maju dalam mendapatkan vaksin. Seperti diketahui untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity harus melakukan vaksinasi kepada 70% populasi di Indonesia atau setara 181,5 juta penduduk.

"Persiapan infrastruktur, vaksinator, dan sebagainya sudah disiapkan dengan baik. Kita upayakan vaksinasi massal ini secepatnya untuk mengejar kekebalan komunal, herd immunity," ujarnya.

Secara bersamaan, pemerintah kata Jokowi, juga tetap akan menjalankan 3T yaitu testing, tracing dan treatment dalam penanganan pandemi covid-19. Pemerintah juga menjamin bahwa kegiatan di fasilitas kesehatan akan tetap dilakukan untuk penanganan ini.

Selain itu, Presiden mengingatkan bahwa penerapan protokol kesehatan tetap harus dijalankan oleh masyarakat. Gerakan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak harus terus digencarkan oleh seluruh lapisan masyarakat.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading