Ambisi Jokowi: Vaksinasi Satu Juta Orang Dalam Satu Hari

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 January 2021 10:30
Presiden RI Joko Widodo Menjalani Vaksinasi Covid-19 Dosis ke-2, 27 Januari 2021 (Tangkapan Layar Youtube BPMI Setpres 2021)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan satu juta orang Indonesia bisa divaksinasi dalam waktu satu hari. Kepala negara meyakini hal itu bisa dilakukan meskipun membutuhkan waktu.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi usai menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

"Kita harapkan sebetulnya sehari paling tidak bisa 900 sampai 1 juta yang bisa divaksin," kata Jokowi.


Jokowi mengemukakan saat ini sudah ada sekitar 250 ribu tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi Covid-19. Angka tersebut, kata Jokowi, bisa melonjak karena vaksiinasi bisa mencakup 50 ribu orang per hari.

"Kita harapkan memang targetnya karena kita memiliki 30 ribu vaksinator yang ada di kurang lebih 10 ribu puskesmas kita maupun di 3.000 rumah sakit kita," katanya.

Meski demikian, eks Gubernur DKI Jakarta itu memahami target vaksinasi satu juta orang dalam satu hari membutuhkan waktu. Jokowi mengaku telah berbicara dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait hal ini.

"Tapi itu memang perlu waktu, perlu manajemen lapangan yang baik dan ini yang selalu terus saya sampaikan ke Menteri Kesehatan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading