Harapan Jokowi Hingga Sri Mulyani Untuk Opa Biden

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 January 2021 08:30
Jokowi dan Biden, Instagram @jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diharapkan bisa membawa kesejukan untuk perekonomian dunia dan terutama untuk Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik di West Front Gedung Capitol AS, Washington DC pada Rabu (20/1/2021) waktu setempat atau Kamis (21/1/2021) dini hari waktu Indonesia.




Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus menyampaikan ucapan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas pelantikan mereka sebagai Presiden ke-46 dan Wakil Presiden ke-49 Amerika Serikat.

Jokowi berharap kemitraan strategis kedua negara dapat terus ditingkatkan. Kemitraan tersebut diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat saja, tapi juga bermanfaat untuk dunia yang lebih baik.



"Selamat @JoeBiden dan @KamalaHarry atas pelantikan Anda sebagai Presiden yang ke-46 dan Wakil Presiden ke-49 Amerika Serikat," ujar Jokowi lewat akun Instagram @jokowi, Kamis (21/1/2021).

"Mari terus perkuat kemitraan strategis kita. Tidak hanya untuk kepentingan negara kita berdua, tetapi untuk dunia yang lebih baik untuk semua," kata Jokowi melanjutkan.

Unggahan tersebut langsung disampaikan Jokowi dengan menautkan gamitan atau mention langsung akun @JoeBiden dan @KamalaHarris.

[Gambas:Instagram]




Harapan yang sama juga disematkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dia berharap, dengan terpilihnya Joe Biden bisa membawa harapan baru untuk ekonomi dunia, terutama untuk membantu memulihkan ekonomi global dari dampak pandemi Covid-19, meskipun ketidakpastian masih terus membayangi.

"Ekonomi global masih menghadapi ketidakpastian. Amerika Serikat yang hari ini memiliki Presiden baru tentu merupakan harapan untuk segera pulih dan memberikan kepastian bagi ekonomi dunia," kata Sri Mulyani dalam CEO Forum yang diselenggarakan Kompas kemarin.

Pulihnya ekonomi global juga diharapkan Sri Mulyani, bukan hanya dari terpilihnya Presiden AS Joe Biden, tapi juga pemulihan ekonomi di China. Pertumbuhan ekonomi di China diproyeksikan akan melanjutkan pemulihannya, meskipun masih tumbuh di bawah 3% pada 2021.

Untuk diketahui, kebijakan prioritas pemerintah pada tahun ini adalah bagaimana menangani dan mengendalikan Covid-19. Pemerintah ingin jumlah kasus bisa ditekan, sambil berupaya melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading