Apa Benar BUMN 'Maruk' Sikat Semua Proyek?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
21 January 2021 13:23
Pahala Mansury (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Usaha Milik Negera (BUMN) menjadi salah satu motor utama dalam program pembangunan di Indonesia, terutama infrastruktur. Banyak persepsi negara terlalu dominan sehingga tidak memberikan jatah proyek untuk swasta.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury menjelaskan bahwa banyak perusahaan-perusahaan BUMN yang membutuhkan adanya kemitraan. Pahala juga mengakui, telinganya sudah mendengar mengenai adanya persepsi bahwa semua proyek dilakukan BUMN.

"Ini yang mungkin sebetulnya, persepsi seperti ini kita harapkan pelan-pelan kita bisa coba untuk jembatani. Pak Menteri (BUMN), Erick Thohir sendiri datang dari swasta juga," jelas Pahala dalam CEO Forum yang diselenggarakan oleh Kompas, Kamis (21/1/2021).

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pahala Nugraha Mansyury (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)Foto: Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pahala Nugraha Mansury (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)



"Jadi, bagaimana kita bisa bersama-sama dan ke depannya bisa banyak lagi kemitraan antara BUMN dengan sektor swasta yang kita harapkan betul," kata Pahala melanjutkan.

Di BUMN sendiri, kata Pahala sudah banyak keterlibatan swasta dalam bekerjasama dengan BUMN. Pahala berharap ke depannya, semakin banyak sektor swasta yang bisa menjalin kerjasama dengan BUMN.

Di sektor pangan, kata Pahala sangat dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Selain itu juga berbagai perusahaan BUMN lainnya yang bergerak di sektor lain seperti farmasi dan energi yang bisa diharapkan terjalin kerjasama dengan swasta.

"Di PLN banyak sekali. Juga misalnya kemitraan yang dibangun dengan sektor swasta, dan ke depannya kita berharap akan lebih banyak lagi kerjasama dan kita berharap bisa terus berkomunikasi dan berinteraksi untuk sama-sama bisa membangun berbagai sektor."

"Di sektor pangan misalnya, kemitraan yang ingin kita bangun. PTPN dan Perhutani, dan sektor-sektor yang nanti akan kita lihat kemitraan itu bisa kita kembangkan bersama-sama," jelas Pahala.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading