Ngeri Banget! Ini Sederet Hal yang Ancam Pertahanan RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 January 2021 11:33
Presiden Joko Widodo tiba di Bandar Udara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis, (9/7/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Laily Rachev)

Jakarta, CNBC Indonesia - Revolusi industri 4.0 ternyata tidak semuanya memberikan benefit terhadap perkembangan teknologi. Justru, 4.0 memperluas dimensi ancaman pertahanan sebuah negara.

Hal ini disadari langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) 8/2021. Dalam beleid tersebut digambarkan apa saja ancaman yang bisa diterima Indonesia.

"Revolusi industri 4.0 memperluas dimensi pertempuran dari darat, laut, dan udara ke dimensi ruang angkasa dan siber," tulis lampiran dalam Beleid tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara 2020-2024 dikutip CNBC Indonesia, Rabu (20/1/2021).


Karakteristik revolusi teknologi industri 4.0 di antaranya teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence), big data, machine learning, sistem otomatis hingga teknologi robot.

"Di sisi lain kehadiran nanoteknologi menyebabkan terjadinya peralihan sistem senjata, contohnya wahana tak berawak dengan ukuran kecil yang memiliki kekuatan destruktif yang luar biasa."

Revolusi teknologi industri 4.0 juga mendorong penggabungan teknologi ke dalam serangkaian sistem senjata baru yang inovatif, seperti senjata elektromagnetik (railgun), senjata energi terarah, proyektil kecepatan tinggi, rudal hipersonik, serta teknologi rahasia yang digunakan saat terjadinya perang.

"Kemajuan teknologi industri 4.0 juga berpotensi menjadi ancaman non-militer di antaranya apabila teknologi tersebut dimanfaatkan untuk menguasai perekonomian yang merugikan kepentingan nasional," tegas beleid tersebut.

Beleid yang ditandatangani Jokowi pada 6 Januari 2021 tersebut dikeluarkan dengan pertimbangan, sebuah negara memerlukan pengaturan mengenai kebijakan umum pertahanan negara yang jadi acuan bagi perencanaan, penyelenggaraan, dan pengawasan sistem pertahanan negara.

HALAMAN SELANJUTANYA >>>>>>> ANCAMAN FAKTUAL DAN ANCAMAN POTENSIAL

Ancaman Aktual dan Ancaman Potensial
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading