Dirjen Minerba Buka-bukaan Soal PR Besar Sektor Tambang 2021

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
19 January 2021 19:10
INFOGRAFIS ,Tambang-Tambang Raksasa di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengungkapkan masih memiliki pekerjaan rumah (PR) besar, khususnya di sektor pertambangan mineral dan batu bara pada 2021 ini.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin mengatakan setidaknya ada empat pekerjaan rumah yang perlu dirampungkan pada tahun ini.


Pertama, menurutnya yaitu bagaimana mengupayakan agar sumber daya mineral dan batu bara bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan dalam negeri.

Hal ini menurutnya bukan lah pekerjaan yang mudah, terutama ketika masih menghadapi pandemi Covid-19. Namun, sektor tambang menurutnya memiliki andil dalam upaya memulihkan perekonomian nasional.

"Saat ini kami berfikir dalam dua perspektif, jangka pendek dan panjang. Kita usaha keras agar bisnis ini lancar. Untungnya, harga batu bara sedang bagus, mineral juga bagus. PR kita, pemerintah berusaha keras agar sumber daya membawa manfaat sebesar-besarnya," ungkapnya dalam wawancara bersama CNBC Indonesia, Selasa (19/01/2021).

Kedua, yaitu bagaimana sektor tambang bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Bila proses pengolahan dan pemurnian mineral dan batu bara dilakukan di dalam negeri, maka menurutnya ini akan berdampak pada peningkatan penyerapan tenaga kerja di dalam negeri. Untuk itu, pihaknya terus mendorong hilirisasi sektor tambang terus berjalan ke depannya.

"Jika kita bangun infrastruktur pemurnian dan pengolahan, kita akan bukan lapangan kerja," ujarnya.

Dirjen Minerba ESDM Jabarkan Insentif Investasi NikelFoto: Dirjen Minerba ESDM Jabarkan Insentif Investasi Nikel
Dirjen Minerba ESDM Jabarkan Insentif Investasi Nikel

Kemudian pekerjaan rumah yang ketiga adalah memastikan bagaimana produk-produk pendukung di dalam negeri terlibat dalam prosesnya, sehingga efek berganda (multiplier effect) bisa dirasakan banyak pihak.

Dia pun menekankan pemerintah akan memberikan kemudahan bagi para pengusaha yang melibatkan produk pendukung dalam negeri.

"Jadi, pengusaha jangan khawatir. Kalau ada kesulitan apa-apa, silahkan disampaikan. Syaratnya cuma satu saja, jangan bohongi saya," tegasnya.

Pekerjaan rumah terakhir di sektor tambang ini yaitu memastikan kegiatan usaha pertambangan ini tidak melanggar kaidah lingkungan. Ridwan menyebut bahwa tuduhan tidak memperhatikan kaidah lingkungan masih sering dialamatkan pada sektor pertambangan.

"Terakhir, kita mau memastikan kegiatan ini tidak melanggar lingkungan. Kita mau membalikkan realitas ini. Ini pekerjaan rumah besar di 2021," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading