Warning Jokowi: 2021, RI Masih dalam Situasi Krisis!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 January 2021 11:05
Presiden Joko Widodo

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajarannya untuk bekerja lebih cepat dan tidak terpaku dengan rutinitas semata. Jokowi menekankan, Indonesia masih dalam situasi krisis.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat menghadiri penandatanganan kontrak paket tender/seleksi dini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Saya mengingatkan ke seluruh jajaran PUPR di tahun 2021 kita harus bergerak lebih cepat lagi, kita ini harus sadar kita masih dalam kondisi krisis. Semangatnya harus berbeda, auranya harus berbeda," kata Jokowi, Jumat (15/1/2021).


Jokowi tak ingin lagi melihat jajarannya, terutama Kementerian PUPR tidak sadar dengan kondisi yang saat ini dialami. Menurutnya, dengan bekerja cepat diharapkan bisa memberikan daya ungkit bagi perekonomian.

"Tahun 2020 pertumbuhan ekonomi kita mengalami kontraksi yang cukup dalam sempat turun -5,32 di kuartal II-2020 dan membaik menjadi -3,49% di kuartal III-2020," katanya.

"Meski minus tapi membaik dan kita berharap di kuartal IV dan kuartal I-2021 pertumbuhan ekonomi kita mengalami rebound," jelasnya.

Jokowi menegaskan dalam masa pandemi banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Maka dari itu, kecepatan dalam bekerja dianggap menjadi kunci dalam mengeksekusi kebijakan penting bagi masyarakat luas.

"Kecepatan kita mengeksekusi pekerjaan terutama proyek padat karya sangat dinantikan dan membantu beban masyarakat terutama menyediakan lapangan pekerjaan yang banyak," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading