Pengusaha NKRI Full Support Listyo Sigit Jadi Kapolri

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
14 January 2021 11:33
Komjen Listyo Sigit Prabowo (Lamhot Aritonang/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan dunia usaha merespons positif langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

"Pak Listyo merupakan prajurit Bhayangkara yang terbaik yang dipilih oleh presiden. Ini adalah hak prerogatif presiden untuk memilih dan mengajukan namanya, ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia DKI Jakarta Sarman Simanjorang kepada CNBC Indonesia, Kamis (14/1/2021).

Sarman berharap, Polri dapat menciptakan rasa aman dan kenyamanan di kalangan dunia usaha. Utamanya bermitra dengan TNI untuk menangani keamanan di saat pandemi Covid-19.

"Gimana dengan tegas memberikan sanksi masyarakat yang melanggar kesehatan dan pengawasan. Ini energi menyangkut kesehatan dan ekonomi," kata Sarman.

Sehingga, menurut dia, pascapandemi dunia usaha tetap dalam kondisi nyaman dan kondusif. Pasar dan aktivitas keuangan juga berjalan dengan tenang.

"Bagaimana peran kepolisian menciptakan rasa aman dan nyaman bagi dunia usaha dengan mendeteksi berbagai gejolak ada demo ancaman teroris sampai akar-akarnya. Melakukan razia praktik pungli. Kita menyambut baik Pak Listyo. Kita yakin beliau punya prestasi yang bagus," ujar Sarman.



Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Mardani Maming menyambut baik penunjukan Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri.

"Kami mendukung pilihan Bapak Presiden Jokowi. Prestasi dan pengalaman selama di Kabareskrim kami yakin bisa menjadi modal untuk jabatan Kapolri ke depan. Kami yakin investasi dan stabilitas dunia usaha akan semakin baik," ujar Maming, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu berharap Kapolri yang baru nanti dapat melanjutkan kolaborasi yang sudah dilakukan dengan TNI, Satgas Penanganan Covid-19, BNPB, Kementerian Kesehatan, dan instansi lainnya dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Perlu sinergitas dan kolaborasi yang kuat antar stakeholder. Pandemi Covid-19 sangat memukul dunia usaha, penanganan yang baik diperlukan," ujar Maming.

Listyo Sigit, lanjut dia, diharapkan mampu menjaga stabilitas keamanan dan penegakan hukum yang adil, jika terpilih menjadi Kapolri yang baru. Hal tersebut demi menjaga pertumbuhan ekonomi agar semakin baik.

"Karena kepastian hukum itu diperlukan dalam dunia usaha. Dan kami mendukung dan siap berkolaborasi dengan Pak Sigit dalam dunia usaha," katanya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading