Top Menlu Retno Jadi Petinggi 'Avengers Vaksin' Covax

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
13 January 2021 14:38
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, 28 Desember 2020. (Tangkapan layar Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi terpilih menjadi salah satu petinggi (co-chair) dari COVAX Advance Market Commitment Engagement Group atau COVAX-AMC EG.

Dalam konferensi pers pada Rabu (13/1/2021), Retno memaparkan tak hanya dirinya yang terpilih, tetapi juga Menteri Pembangunan Internasional Kanada Karina Gould dan Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse. Ketiga petinggi ini merupakan perempuan.


"Alhamdulillah, dalam pemilihan tersebut Indonesia mendapatkan suara terbanyak yaitu 41% dari suara masuk. Suara terbanyak kedua diperoleh oleh Menteri Kesehatan Ethiopia," ujar Retno.

"E-voting ini dilakukan untuk memilih dua co-chairs (dari 5 calon kandidat) dari AMC 92 Economies, yaitu 92 Economies yang tergabung dalam Covax AMC."

Retno mengatakan terpilihnya ia menjadi petinggi COVAX-AMC EG menjadi wujud kepercayaan dunia internasional, terutama negara-negara berkembang, kepada Indonesia.

"Ini merupakan tanggung jawab besar Indonesia bagi terwujudnya kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Tanggung jawab besar ini harus ditunaikan sebaik mungkin," katanya.

"Sejak awal pandemi, Indonesia secara konsisten terus menyuarakan prinsip kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Kita meyakini bahwa pandemi dunia ini tidak akan dapat diselesaikan apabila semua negara belum dapat menyelesaikan pandemi di negara masing-masing. Kita sering sebut prinsip no one is safe until everyone is."

COVAX-AMC EG merupakan forum antara negara AMC dengan negara-negara donor untuk pengadaan dan distribusi vaksin bagi negara AMC. COVAX Facility memiliki target pengadaan vaksin bagi 20% dari populasi setiap negara AMC dan mendukung kesiapan negara AMC untuk melakukan rencana vaksinasi nasional.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading