Vaksinasi Covid-19

Ini Alasan Pengusaha Ingin Vaksinasi Sendiri Karyawannya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 January 2021 15:08
Hariyadi Sukamdani

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia resmi menjalankan vaksinasi mulai hari ini, Rabu (13/1/21). Kalangan pelaku usaha menyambut baik proses berjalannya vaksinasi bisa terus berlangsung dan terjadi di masyarakat. Namun, di sisi lain pengusaha tidak bisa menyembunyikan keinginan untuk segera mendapatkan vaksin di awal.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai program vaksinasi tetap harus berjalan, namun sebaiknya ada opsi agar pelaku usaha yang mampu secara finansial bisa mendapatkan akses vaksin lebih awal. Bila ini dilakukan maka proses vaksinasi bisa lebih cepat dan pemulihan ekonomi lebih cepat pulih.

"Apabila disediakan pemerintah, ini jalan keluar. Jadi pelaku usaha bisa akses keberadaan vaksin itu. Semoga pemerintah bisa merespons untuk permintaan yang khusus di samping kebutuhan di awal, dimana vaksin harus diberi menyeluruh ke seluruh masyarakat. Tapi kalau memang kelompok usaha yang mereka mau bayar, saya pikir itu opsi yang bisa diberikan," katanya Rabu (13/1/21).


Namun, Ia menggarisbawahi bahwa pemerintah tetap bertanggung jawab terhadap vaksinasi pekerja dan masyarakat secara keseluruhan tanpa biaya atau free. Hariyadi mengaku sejauh ini memang belum ada pengajuan resmi, namun usulan itu baru sebatas pembicaraan di antara rekan-rekan kalangan pengusaha.

"Saya rasa boleh-boleh saja sepanjang opsional karena kami berpandangan seluruh rakyat Indonesia perlu dapat vaksin atas beban negara, kecuali ada orang yang mau lebih dulu mau akses, langsung dibuka saja opsi itu tanpa menghilangkan tanggung jawab negara memberi vaksin ke seluruh masyarakat," sebut Hariyadi.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading