Horas! Bersama Luhut, Menlu China Sambangi Danau Toba Besok

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
11 January 2021 20:13
Indonesia's Coordinating Minister for Maritime Affairs Luhut Binsar Pandjaitan, left, shakes hands with Chinese Foreign Minister and State Councillor Wang Yi as they pose for the media before their meeting on April 12, 2018 at the Diaoyutai State Guesthouse in Beijing, China.   Parker Song/Pool via REUTERS

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri China Wang Yi akan mengunjungi Danau Toba pada Selasa (12/1/2021). Kunjungannya akan didampingi oleh Menko Maritim dan Investasi (Marvest) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan.

Hal ini diungkapkan oleh juru bicara menko marves Jodi Mahardi. Dikabarkan bahwa Wang Yi yang juga anggota Dewan Negara China itu akan melawat ke kaldera terbesar di dunia itu selepas bertolak dari Myanmar. Dikatakan bahwa rencana itu seharusnya terjadi tahun lalu namun pandemi Covid-19 telah menunda lawatan itu.

"Betul, Wang Yi Anggota Dewan Negara RRT akan berkunjung ke Toba besok setelah dari Myanmar dan sebelum ke Jakarta. Wang Yi sejak Februari tahun lalu memang sdh rencana ke Toba namun tertunda karena Covid-19." Ucap Jodi kepada CNBC Indonesia melalui pesan singkat.


Sebelumnya, informasi mengenai kunjungan Wang Yi ke Danau Toba disampaikan juga oleh juru bicara kementerian luar negeri Teuku Faizasyah.

""Sejauh ini selain bilateral dengan menlu akan ada kunjungan ke Sumatera Utara dengan pak menko marvest," ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Lawatan Wang Yi ini merupakan rangkaian safarinya ke beberapa negara Asia Tenggara pada 11-16 November 2020 sebagai bentuk tindak lanjut terhadap undangan beberapa menlu Asia Tenggara. Negara negara yang akan dikunjungi adalah Myanmar, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Di Indonesia lawatan Wang akan berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 12 hingga 13 Januari 2020. Di Indonesia, Wang dijadwalkan akan menemui menko marvest Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan dan juga Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya setelah dari Jakarta, Menlu China itu akan bertolak menuju Brunei Darussalam dan Filipina atas undangan menlu kedua negara itu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading