Idham Azis Kirim Surat Permohonan Pengganti Kapolri ke Jokowi

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
06 January 2021 14:42
Presiden Jokowi bersama Kapolri Jenderal Idham Azis. (Rengga Sancaya/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jenderal Polisi Idham Azis telah mengajukan surat permohonan penunjukan pengganti untuk posisi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Demikian disampaikan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono sebagaimana diberitakan detik.com yang mengutip Antara News pada Rabu (6/1/2020).

Menurut Argo, surat itu dikirimkan Idham kepada Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dalam surat tersebut, Idham tidak menyebutkan nama calon pengganti.

"(Kapolri) tidak mengajukan nama, hanya menyampaikan (bahwa) akan memasuki masa pensiun 1 Februari 2021," kata Argo.

Seperti diketahui, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, Jokowi wajib menyetor nama pengganti Idham ke DPR RI paling lambat 20 hari sebelum masa jabatan Idham berakhir.



Terkait hal itu, Kepala Kantor Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko memastikan Jokowi telah mengantongi calon Kapolri yang akan menggantikan Idham. Tidak hanya itu, Moeldoko bilang kalau Jokowi akan mengirim nama calon Kapolri ke DPR dalam waktu dekat.

"Prosedurnya sudah ada, tinggal tunggu waktu. Siapanya (calon kapolri) pasti sudah ada," kata Moeldoko seperti dikutip CNN Indonesia, Selasa (5/12/2021).

Meski begitu, Moeldoko enggan membeberkan nama yang telah dipilih Jokowi. Ia juga belum mau mengonfirmasikan waktu pengiriman nama calon pengganti Idham.

Mantan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf ini justru melontarkan canda saat awak media banyak bertanya soal bursa calon Kapolri.

"Kebetulan belum (tahu), kebetulan tidak di kantong saya, kan gitu," tutur Moeldoko berseloroh.

Lalu, siapa saja calon pengganti Idham? Sejumlah nama mulai beredar di publik antara lain Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Nama-nama lain adalah Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading