Warning! Keterisian ICU & Ruang Isolasi Covid Makin Meningkat

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
05 January 2021 17:32
Keterangan Pers Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Kantor Presiden, 5 Januari 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengungkapkan situasi terkini perihal ketersediaan tempat tidur yang diukur dengan bed occupancy ratio (BOR) dan ruang Intensive Care Unit (ICU) di banyak rumah sakit kian menipis. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers dari Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

"Keterisian ICU dan ruang isolasi semakin meningkat dan mengkhawatirkan di beberapa daerah. Keterisian untuk BOR dan ICU sudah melebihi 70% di antaranya di DKI, Banten, DIY, Jabar, Sulbar, Jatim, Jateng, Sulsel, Sulteng. Ini menandakan kita dalam kondisi darurat yang ditandai dengan ketersediaan tempat tidur menipis," ujar Wiku.



Menurut dia, keberadaan tempat tidur di RS untuk pasien Covid-19 belum tentu bisa digunakan. Sebab, ada faktor lain berupa keterbatasan tenaga kesehatan.

"Apalagi sampai saat ini ada 237 dokter yang meninggal dan meningkat di Oktober terutama Desember. Jika masyarakat abai dan meninggalkan kasus baru tidak akan cukup fasilitas kita untuk bisa menanganinya. Satu-satunya cara adalah mencegah dengan 3M," kata Wiku.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading