Berita Duka, Pungky P Wibowo Direktur Eksekutif BI Wafat

News - Herdaru P, CNBC Indonesia
05 January 2021 17:08
Pungky Purnomo Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Eksekutif Kepala Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Pungky Purnomo Wibowo meninggal dunia. Kabar duka tersebut disampaikan oleh Humas Bank Indonesia.

"Telah meninggal dunia Bapak Pungky P Wibowo (Direktur Eksekutif Kepala Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran BI) Semoga Alm Bapak Pungky husnul khotimah, diampuni segala dosa, dilapangkan kuburnya, diberi tempat tertinggi di sisi Allah." tulis pesan dari Humas BI, Selasa (5/1/2021).

Pungky dipercaya oleh Gubernur BI Agus Martowardojo pada 2018 dengan menaikkan jabatannya dari Kepala Grup Pengembangan Sistem Pembayaran Ritel dan Keuangan Inklusif di Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran menjadi Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional.

Pungky Purnomo (Detik.com)Foto: Pungky Purnomo (Detik.com)
Pungky Purnomo (Detik.com)



Elektronifikasi sistem tol yang mewajibkan menggunakan e-money pada 2017 lalu menjadi tugas Pungky kala itu bersama Kepala Pusat Transformasi BI Onny Widjanarko.

Sampai saat ini, elektronifikasi terus berjalan dan berkembang. Bahkan, bank sentral terus mengupayakan terealisasinya interoperabilitas antar sistem pembayaran uang elektronik perbankan.

Diharapkan, isi ulang uang elektronik tidak dapat dilakukan pada mesin keluaran penerbit kartu. "Kami upayakan mesin top-up yang bisa interoperabilitas ada di rest area (jalan tol)," tutur Pungky kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading