Akhirnya! Hari Ini Vaksin Sinovac Mulai Dikirim ke Daerah

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
03 January 2021 15:09
Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 2, Bandara Soekarno Hatta, 31 Desember 2020.  (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan distribusi vaksin Covid-19 Sinovac sudah mulai dilakukan pada hari ini (3/1/21) dari kantor pusat BioFarma di Bandung, Jawa Barat. Hal ini untuk persiapan proses vaksinasi yang ditargetkan mulai minggu kedua atau ketiga Januari 2021.

"Betul mulai hari ini vaksin akan kita didistribusikan ke 34 provinsi. Ini kita sudah didukung oleh lebih dari 10 ribu puskesmas, semuanya sudah disiapkan untuk rantai dinginnya, untuk menerima vaksin ini," kata Juru Bicara Vaksin Covid-19 PT Bio Farma, Bambang Heriyanto dalam konferensi pers Minggu (3/1/21).

Ia menegaskan vaksinasi bukan program pertama kali dilakukan di Indonesia. Banyak sekali program vaksinasi yang sudah berjalan selama ini dan berjalan dengan baik.


"Artinya ini nantinya distribusinya akan melibatkan seluruh pihak, tidak hanya BioFarma sebagai distributor, tetapi juga melalui provinsi, kabupaten/kota, Puskesmas," katanya.

Ia mengatakan vaksin-vaksin ini antara lain dikirim oleh BioFarma ke puskesmas-puskesmas, dan harapannya bisa berjalan dengan baik.

"Rantai dingin dari 2-8 derajat celcius Insya Allah siap. Jadi vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat akan terjamin mutu dan kualitasnya," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading