Kantongi Sertifikat, Pesawat N219 Buatan RI Langsung Diborong

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
28 December 2020 16:48
N219 Amphib. (Dok: bambangbrodjonegoro)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berminat untuk membeli pesawat N219 buatan PT DI yang merupakan 100% rancang bangunnya dari Indonesia. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pesawat ini bisa mengintegrasikan daerah di Indonesia yang terdiri banyak pulau.

"Kami berencana membeli pesawat N219 untuk kegiatan kalibrasi, kami akan mendukung stakeholder perhubungan untuk menggunakan N219 yang kita harapkan dapat menjangkau daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan," katanya dalam Aerosummit 2020, Senin (28/12/2020).

Selain untuk keperluan kalibrasi fasilitas penerbangan, pesawat ini juga akan digunakan sebagai angkutan perintis. Salah satunya untuk kebutuhan daerah pariwisata sehingga pihaknya tidak perlu lagi membangun banyak bandara di berbagai tempat yang harus memiliki landasan pacu. Pesawat ini bisa mendarat dengan landasan 700 meter.


"Untuk daerah wisata sehingga tidak perlu bangun bandara yang menggunakan landasan pacu panjang. Itu dapat memberikan manfaat yang maksimal," katanya.

Type certificate pesawat N219 sudah diserahkan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Nur Isnis Istiartono kepada Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro, disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Berdasarkan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan pesawat N219 dinyatakan memenuhi CASR Part 23 (Airworthiness Standards for Aeroplanes in the Normal, Utility, Acrobatic or Commuter Category)

Sertifikasi pesawat N219 dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara sejak 2014 lalu. Sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) bagian 21 atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 21, masa sertifikasi berlaku selama tiga tahun. Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan pihaknya telah memberikan dua kali izin perpanjangan pada tanggal 8 Februari 2017 dan 11 Februari 2020.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pesawat N219 Buatan RI Sudah Ada yang Pesan, Ini Pembelinya


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading