Diangkat Jokowi Jadi Mensos, Ini Profil Tri Rismaharini

News - dob, CNBC Indonesia
22 December 2020 15:46
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial 2020-2024, menggantikan Juliari Batubara yang tersandung dugaan kasus korupsi bantuan sosial.

"Pertama, Ibu Tri Rismaharini Saya kira kita tau semua beliau adalah Walikota Surabaya, dan saat ini bu Tri Rismahsrini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi menteri sosial," kata Presien Joko Widodo, Selasa (22/12/2020).

Wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur pada 20 November 1961 merupakan Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak September 2010. Pada jabatan inilah Risma mulai dalam wacana tokoh politik nasional.


Dia pernah beberapa kali disebut-sebut masuk bursa menteri dan bursa calon Gubernur, meski akhirnya tidak jadi maju. Bahkan Risma pernah mengaku menolak tawaran menteri sebanyak 3 kali.

Risma adalah wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah. Sebelum menjadi wali kota, Risma menjabat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga tahun 2010. Risma meniti karier sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS) Kota Surabaya sejak dekade 1990-an.

Pada tanggal 14 September 2018 dalam Kongres UCLG-ASPAC 2018 (Asosiasi Pemerintah Kota dan Daerah Se-Asia Pasifik) di Surabaya, Tri Rismaharini terpilih secara aklamasi sebagai Presiden UCLG-ASPAC untuk masa bakti 2018-2020 menggantikan Gubernur Provinsi Jeju, Korea Selatan, Won Hee-ryong.

Tri Rismaharini menikah dengan Djoko Saptoadji dan dikaruniai 2 orang putra-putri bernama Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni. Risma juga masih memiliki hubungan keluarga dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Bersatu II, Mohammad Nuh dari nasab ayahnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading